Inkubasi UMKM: KKN UGM Pengabdi Wayang Windu Dorong Legalitas UMKM Kawasan Wisata

Inkubasi UMKM: KKN UGM Pengabdi Wayang Windu Dorong Legalitas UMKM Kawasan Wisata
info gambar utama

Pesona Alam Pangalengan menjadi potensi yang luar biasa bagi para pelaku usaha di kawasan wisata. Perpaduan antara indahnya kebun teh dengan sejuknya udara Pangalengan menjadi daya tarik masyarakat kota untuk berkunjung. Kawan GNFI pasti setuju untuk menyebut Pangalengan sebagai salah satu tempat healing yang bisa jadi pilihan bagi masyarakat. Letaknya tidak jauh dari Kota Bandung, kawan GNFI hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari pusat kota. Tunggu apalagi? Ayo, tambahkan Pangalengan sebagai wishlist tujuan travelling kalian!

Melihat adanya potensi yang besar, dalam rangka mendukung kesiapan pelaku usaha di Kawasan Wisata Pangalengan, Tim KKN UGM Pengabdi Wayang Windu bekerja sama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bandung melakukan pendampingan UMKM dengan Metode Inkubasi. Upaya ini dilakukan dengan maksud mendorong usaha kecil dan menengah di kawasan wisata untuk meningkatkan daya saing.

KKN UGM Gelar Pengajian Akbar dalam Rangka Hari Raya Iduladha dan Launching Ngoro-oro Kampoeng Qur’an 14

Kegiatan Inkubasi UMKM dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 13—14 Juli 2023 di Balai Desa Sukamanah dan Sukaluyu, Pangalengan. Kegiatan yang dilakukan di dua tempat memiliki substansi yang sama dengan peserta yang berbeda dari masing-masing Desa. Total peserta sebanyak 27 orang.

Antusias pelaku usaha ditunjukkan dengan keberhasilan penerbitan nomor induk berusaha (NIB) sebanyak 100% atau dengan kata lain semua peserta yang hadir telah mendaftarkan NIB secara langsung selama kegiatan inkubasi dan didampingi oleh DPMPTSP. Sertifikat NIB diserahkan di akhir acara.

Setelah mendapatkan NIB, diharapkan pelaku usaha terdorong untuk mengurus izin P-IRT dalam waktu dekat. Monitoring terhadap pelaku usaha terus dilakukan bekerja sama dengan Perangkat Desa Sukaluyu dan Sukamanah.

Kepemilikan legalitas menjadi hal yang penting bagi UMKM untuk mendapat izin usaha, peningkatan kepercayaan dan kuantitas konsumen, kemitraan, serta menjadi syarat dalam mendapatkan modal yang besar. Saat ini, pengurusan izin yang terintegrasi dengan sistem Online Single Submission (OSS) telah memberikan kemudahan dan efisiensi bagi pelaku usaha.

Edukasi untuk UMKM bersama mahasiswa KKN UGM | Sumber: dokumentasi pribadi
info gambar

Selain mendorong pelaku usaha untuk mendapatkan legalitas melalui pendampingan secara langsung, mahasiswa KKN UGM Pengabdi Wayang Windu juga memberikan edukasi mengenai perilaku konsumen, copywriting, pemasaran, dan digital payment.

Mahasiswa KKN UGM berharap UMKM di Kawasan Wisata Pangalengan lebih adaptif terhadap pola perubahan perilaku konsumen agar aktivitas usaha bisa terus berkelanjutan. Akselerasi digitalisasi saat ini telah mendorong perubahan perilaku masyarakat untuk berbelanja dan bertransaksi secara daring.

Mahasiswa KKN-PPM UGM Dampingi Peternak Jimbung Studi Banding ke Bengkel Sapi Kalijeruk

Sosialisasi diberikan kepada pelaku usaha supaya lebih berani dan kuat dalam mengembangkan usahanya serta memperluas akses pasar dengan bekal strategi marketing dan progam digitalisasi. Lalu, tips membuat tulisan persuasif dalam menarik, mempengaruhi, dan meyakinkan pasar juga diberikan. Formula yang digunakan adalah Formula AIDA Copywriting.

Perkembangan UMKM tidak terlepas dari bentuk kolaborasi dan dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta. Kegiatan inkubasi UMKM oleh KKN UGM Pengabdi Wayang Windu merupakan salah satu kolaborasi antara UMKM dengan pemerintah daerah,institusi sosial dan pendidikan, dan lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Dengan adanya kolaborasi ini, para pelaku UMKM memiliki kesempatan lebih besar untuk mempelajari perilaku konsumen secara mendalam, mengakses data relevan, mengembangkan produk inovatif sesuai permintaan pasar, membangun jaringan luas, serta bertukar pengetahuan dengan ahli-ahli dari berbagai bidang.

Acara Inkubasi UMKM ditutup dengan penyerahan hadiah kepada peserta dan ditutup dengan foto bersama.

Mari bekerja sama tingkatkan semangat ekonomi masyarakat!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini