Mahasiswa KKN-PPM UGM Dampingi Peternak Jimbung Studi Banding ke Bengkel Sapi Kalijeruk

Mahasiswa KKN-PPM UGM Dampingi Peternak Jimbung Studi Banding ke Bengkel Sapi Kalijeruk
info gambar utama

Pada Selasa, 18 Juli 2023 kelompok peternak di Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten, melakukan kunjungan studi banding ke Bengkel Sapi Kalijeruk, Sleman. Kegiatan ini diinisiasi oleh tim KKN-PPM UGM Subunit Jimbung, Kecamatan Kalikotes, dengan bimbingan dari Prof. Dr. Suratman, M.Sc. selaku dosen pembimbing lapangan.

Aktivitas tersebut dirancang untuk memberikan wadah bagi para peternak agar dapat belajar lebih lanjut tentang cara beternak dengan melibatkan teknologi tepat guna. Dengan demikian, kelompok peternak Desa Jimbung diharapkan dapat menghasilkan hasil ternak unggulan di kemudian hari.

Dalam kegiatan studi banding ini, para peternak Desa Jimbung mendapatkan pemaparan materi tentang manajemen peternakan sapi serta teknologi pakan ternak yang berkualitas. Pada kesempatan tersebut, materi disampaikan oleh Moh. Sofi’ul Anam, S.Pt., M.Sc. atau yang disapa Mas Sofi, salah satu dosen di Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada sekaligus tim dari Bengkel Sapi Kalijeruk.

Dalam sesi ini, Mas Sofi memberikan kesempatan pada kelompok peternak Desa Jimbung untuk berdiskusi dengannya setelah materi dipaparkan. Antusiasme peternak Desa Jimbung terlihat dalam sesi ini. Buktinya, Kelompok Peternak Desa Jimbung langsung memesan bibit rumput unggulan Gama Umami untuk ditanam dan dikembangkan di Desa Jimbung sebagai pakan unggulan untuk ternak.

Usai sesi pemaparan materi dan diskusi, kelompok peternak Desa Jimbung mendapatkan kesempatan untuk berkunjung secara langsung ke kandang ternak di Bengkel Sapi Kalijeruk. Kunjungan pertama dilakukan ke kandang sapi. Di sana, kelompok peternak Desa Jimbung dapat menyaksikan secara langsung sapi-sapi yang sedang ada di bengkel, mulai dari anakan sapi, hingga sapi dewasa dengan bermacam jenis.

Kemudian, kunjungan dilanjutkan ke kandang ayam petelur yang juga merupakan salah satu ternak unggulan di Bengkel Sapi Kalijeruk. Ayam petelur diternakkan secara unik, yaitu dengan dilepas liarkan pada kandang yang sangat luas. Berbeda dengan ternak ayam petelur yang konvensional di mana ayam-ayam petelur diletakkan satu per satu pada kandang yang sempit.

Berkunjung ke Maison Weiner, Toko Kue yang Telah Berdiri Sejak Zaman Kompeni

Ayam petelur ini lalu menghasilkan produk unggulan berupa Telur Ayam Bahagia karena dihasilkan dari ayam-ayam yang tidak dikurung seharian dalam kandang sempit sehingga mereka lebih bahagia. Tidak hanya menengok kandang sapi dan ayam saja, kelompok peternak Desa Jimbung juga berkunjung ke kandang domba.

Kunjungan studi banding kelompok peternak Desa Jimbung bersama tim KKN-PPM UGM ke Bengkel Sapi Kalijeruk
info gambar

Dari kunjungan ke kandang domba ini, peternak Desa Jimbung dapat memahami manajemen ternak domba yang optimal. Kandang domba di Bengkel Sapi Kalijeruk ini didesain khusus agar urin domba dapat ditampung dan kemudian dapat diolah kembali. Dengan demikian, ternak domba ini dapat menghasilkan limbah yang sangat minim.

Sembari berkunjung ke kandang ternak, kelompok peternak Desa Jimbung juga mendapatkan pelatihan pembuatan pakan yang memanfaatkan saus burger pakan. Saus burger pakan merupakan formula yang berisi mikrobia untuk melakukan fermentasi pada pakan ternak, khususnya yang berasal dari berbagai limbah pertanian, misalnya jerami. Saus burger pakan ini merupakan inovasi teknologi peternakan dari Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., DEA., IPU., ASEAN Eng., yang merupakan Guru Besar Fakultas Peternakan UGM sekaligus inisiator dari pengembangan Bengkel Sapi Kalijeruk.

Setelah melihat dan mengetahui manfaat yang didapatkan dari pemanfaatan saus burger pakan ini, kelompok peternak Desa Jimbung membeli beberapa botol saus burger pakan untuk dimanfaatkan dalam pembuatan pakan ternak unggulan.

Kunjungan studi banding yang dilakukan oleh kelompok peternak Desa Jimbung ke Bengkel Sapi Kalijeruk ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi para peternak di masa mendatang, khususnya dalam teknologi tepat guna sehingga dapat menghasilkan ternak unggulan.

KKN UGM Mengisi Kegiatan MPLS di SD Negeri Cungkuk

Selain itu, studi banding ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada peternak Desa Jimbung tentang praktik beternak yang lebih modern dan ramah lingkungan. Kerjasama dan kolaborasi kelompok peternak Desa Jimbung, Bengkel Sapi Kalijeruk, dan tim KKN-PPM UGM ini diharapkan dapat terus berlanjut untuk memberdayakan peternak lokal, meningkatkan kesejahteraan mereka, serta memperbaiki kualitas produk ternak Indonesia.

Penulis: Syifa Maulida Hajiri (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM)

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini