Habiskan Dana Rp1,150 T, Sodetan Ciliwung Akhirnya Diresmikan Setelah 11 Tahun

Habiskan Dana Rp1,150 T, Sodetan Ciliwung Akhirnya Diresmikan Setelah 11 Tahun
info gambar utama

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akhirnya meresmikan Sodetan Kali Ciliwung yang berlokasi di Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (31/7/2023). Jokowi dalam pidatonya menyebut proyek ini dikerjakan selama hampir 11 tahun dan menghabiskan anggaran hingga Rp1,150 triliun.

"Urusan Sodetan Ciliwung ini sudah bertahun-tahun, sudah hampir 11 tahun, dan hari ini Alhamdulillah selesai," ungkap Jokowi dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (31/7/2023).

Sodetan Kali Ciliwung memiliki panjang 1,2 kilometer, terdiri dari dua terowongan pipa dengan diameter 3,5 meter. Terusan buatan ini berfungsi untuk mengalirkan air menuju Kanal Banjir Timur (KBT) dan Kali Cipinang.

Menurut Jokowi, Sodetan Ciliwung bisa menyelesaikan masalah banjir di 6 kelurahan. Mengutip siaran pers Presiden RI pada 24 Januari lalu, proyek ini diperkirakan dapat mengurangi air hingga 33 meter kubik per detik saat status banjir siaga empat. Lalu, ketika status banjir siaga satu, sodetan dapat mengurangi air sampai 63 meter kubik per detik.

2 Bendungan Baru Resmi Beroperasi, 12 Kelurahan di Jakarta Bakal Bebas Banjir

Sebelumnya, pemerintah telah lebih dahulu meresmikan Bendungan Ciawi dan Sukamahi di Kabupaten Bogor pada 23 Desember 2022. Namun, normalisasi Ciliwung, ditambah Bendungan Ciawi, Sukamahi, dan Banjir Kanal Timur, baru dapat menyelesaikan persoalan banjir di Jakarta sebesar 62 persen.

Artinya, kata Jokowi, masih ada PR (pekerjaan rumah) sebanyak 38 persen yang harus dikerjakan bersama-sama oleh Kementerian PUPR dan Pemprov DKI Jakarta. Ini termasuk normalisasi 12 sungai yang mengalir melintasi DKI Jakarta.

Jokowi mengatakan, ke depan, pemerintah akan fokus melakukan normalisasi Kali Ciliwung dan mengatasi permasalahan banjir rob di Utara Jakarta.

“Normalisasi Sungai Ciliwung harus segera rampung. Dari 33 kilometer yang ada, baru selesai 16 kilometer, sehingga masih tersisa 17 kilometer,” tuturnya.

Bendungan Kering, Solusi untuk Mengatasi Banjir Jakarta

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini