Bendungan Kering, Solusi untuk Mengatasi Banjir Jakarta

Bendungan Kering, Solusi untuk Mengatasi Banjir Jakarta
info gambar utama

Bendungan adalah sebuah infrastruktur yang berguna untuk menahan aliran air. Memang, bendungan yang biasa orang-orang lihat biasanya kerap dialiri atau berisi genangan air.

Namun, tahukah bila ada tipe bendungan yang disebut bendungan kering? Yang mana, bendungan ini menjadi kering pada saat tertentu.

Saat ini, pembangunan bendungan yang satu ini digadang-gadang sebagai salah satu solusi untuk pencegahan banjir di wilayah Jakarta. Secara lebih lanjut, apa yang membedakan bendungan kering ini dengan bendungan biasa?

5 Bendungan dengan Kapasitas Terbesar yang Jadi Penyokong PLTA di Indonesia

Kering di musim kemarau

Pembangunan jenis bendungan ini juga memilki fungsi yang berbeda bila dibandingkan dengan jenis bendungan biasa yang kerap digunakan sebagai sarana irigasi atau sumber kebutuhan air lainnya.

Untuk tipe ini, kegunaannya adalah murni untuk menjadi pengontrol debit air. Sehingga, bila ada aliran air yang cukup besar seperti karena curah hujan yang amat tinggi, maka banjir pun tidak akan terjadi. Paling tidak, air akan lebih terkendali.

Bendungan dengan model seperti ini pertama kali dibuat oleh Miami Conservancy District untuk mencegah banjir di Miami Valley dan Dayton, Ohio.

Saat kemarau bendungan ini akan kering, sementara ketika musim hujan bendungan ini akan menahan air yang semakin melimpah supaya lebih terkontrol alirannya.

Mengacu dari Kementerian PUPR, pengoperasian bendungan ini adalah dengan menutup pintu bendungan hingga kapasitas penuh. Lalu, air yang ditampung tersebut alirannya dikeluarkan dengan debit yang sudah diatur.

Bila bendungan sudah semakin sedikit tampungan airnya, maka hal tersebut dilakukan lagi hingga bisa menampung air kembali. Secara bayangan konsepnya tersebut memang terlihat cukup sederhana, tetapi kegunaannya sangatlah besar.

Terpanjang di Asia Tenggara, Menilik Progres Pembangunan Bendungan Semantok di Nganjuk

Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi

Sejak saat itu, negara lain pun juga mulai tertarik untuk mengadopsi sistem bendungan ini karena cukup efektif dalam mengurangi laju debit air, khususnya di daerah yang rawan banjir.

Kini, sistem bendungan seperti ini juga diterapkan di Indonesia untuk mencegah banjir di kawasan Jakarta yang kerap kali sangat merugikan ketika musim hujan tiba.

Ada dua bendungan kering yang sedang dibangun di Indonesia, yaitu Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi. Masing-masing bendungan tersebut berlokasi di Bogor, Jawa Barat.

Yang mana, daerah ini merupakan tempat dengan curah hujan yang sangat tinggi. Bahkan, banjir besar yang kerap terjadi di Jakarta juga tidak terlepas dari faktor kiriman air dari Bogor.

Media sosial PUPR menyebutkan bila pembangunan bendungan ini akan segera rampung. Lebih detail, perkembangan pembangunan Bendungan Sukamahi sudah mencapai 93,22%, sementara untuk Bendungan Ciawi ada di angka 93,33%.

Dengan adanya pembangunan kedua bendungan ini, Bendungan Sukamahi akan mengurangi tingkat debit banjir sebesar 27,4% dan Bendungan Ciawi mengurangi hingga 30,6%.

Selain PLTA, Bendungan Sutami Akan Punya Fasilitas PLTS Terapung

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

MM
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini