Keren! Iriana Jokowi Turut Jadi Calon Penerima Penghargaan Bintang RI Adipradana

Keren! Iriana Jokowi Turut Jadi Calon Penerima Penghargaan Bintang RI Adipradana
info gambar utama

Iriana, atau yang dikenal dengan nama Iriana Jokowi, merupakan istri dari presiden ketujuh Republik Indonesia, Presiden Joko Widodo. Praktis, Iriana menjadi ibu negara sejak tahun 2014 hingga kini. Perempuan berdarah Jawa tersebut lahir di Solo pada 1 Oktober 1963. Ia juga dikenal aktif beraktivitas di berbagai kegiatan sosial.

Melansir Kompas, pada Kamis (3/8) lalu, Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan (DGTK) memutuskan bahwa Iriana berhak atas sebuah penghargaan. Nama penghargaan tersebut adalah Bintang Republik Indonesia Adipradana. Aturan pemberian penghargaan ini ternyata juga termuat dalam undang-undang RI.

Lantas, apa itu Bintang RI Adipradana dan mengapa Iriana berhak menerimanya?

Tentang Bintang RI Adipradana

Bintang RI Adipradana merupakan jenis penghargaan yang diberikan kepada seseorang yang berkontribusi dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik indonesia (NKRI). Beberapa penerimanya memang berasal dari lingkup tentara, seperti Jenderal TNI Anumerta Achmad Yani dan Jenderal TNI Purn. Basuki Rahmat.

Namun, tentu kita tahu bahwa menjaga keutuhan NKRI tidak hanya bisa dilakukan melalui jalur militer. Itu sebabnya, penghargaan Bintang RI Adipradana juga diberikan pada tokoh di bidang lain. Misalnya untuk Eisaku Sato selaku mantan perdana menteri Jepang, Sutan Sjahrir selaku perdana menteri Kabinet Sjahrir, dan Adam Malik selaku mantan menteri luar negeri.

Bintang RI Adipradana Diatur dalam Undang-Undang

Menurut penuturan Mahfud MD selaku Ketua DGTK sesuai yang diwartakan Kompas, semua istri presiden dan istri wakil presiden periode sekarang maupun terdahulu berhak mendapatkan penghargaan bintang. Maka dari itu, Wury Handayani, istri KH. Ma’ruf Amin (wakil presiden RI) juga turut mendapatkan penghargaan. Hanya saja tingkatannya berbeda.

Wury Handayani akan mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana, setingkat lebih rendah dari penghargaan yang diterima Iriana.

Aturan tingkatan penghargaan ini sendiri diatur dalam undang-undang, yakni Undang-undang Nomor 9 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan. Pasal 9 dari undang-undang tersebut mengatur tingkatan bintang.

Ada 19 jenis penghargaan dan Bintang RI Adipradana yang hendak diterima Iriana berada di tingkat kedua. Tingkatan pertama merupakan Bintang RI Adipurna. Beberapa tokoh yang pernah menerima penghargaan tertinggi tersebut adalah Jenderal Sudirman, Agus Salim, serta para mantan presiden seperti Bacharudin Jusuf Habibie dan Abdurrahman Wahid.

Baca juga: Mengapa Ibu Kota RI Tak Pindah ke Papua? Ini Jawaban Jokowi

Banyak Tokoh Turut Mendapat Penghargaan

Undang-undang yang sama juga mengatur tentang ketentuan pemberian penghargaan ini. Beberapa di antaranya adalah pemberian harus ditetapkan sesuai Keputusan Presiden. Adapun momentum pemberiannya bisa dilakukan pada hari besar nasional atau pada hari ulang tahun suatu lembaga negara, kementerian, maupun lembaga pemerintah non-kementerian.

Jika mengikuti ketentuan tersebut, besar kemungkinan Iriana akan mendapatkan Bintang RI Adipradana pada ulang tahun Republik Indonesia, tanggal 17 Agustus mendatang. Selain Iriana dan Wury Handayani, ada 16 tokoh lain yang akan menerima penghargaan dari presiden, meskipun tingkatnya berbeda-beda.

Beberapa tokoh-tokoh tersebut adalah Komjen Pol Boy Rafli Amar (mantan Kepala BNPT), Olly Dondokambey (Gubernur Sulawesi Utara), dan Dr. Anak Agung Gde Ngurah Ari Dwipayana (staf khusus Presiden RI).

Baca juga: Jokowi Resmi Cabut Status Pandemi Covid-19, Endemi Dimulai Hari Ini

Demikian informasi mengenai Iriana, ibu negara yang akan segera menerima penghargaan Bintang RI Adipradana. Tentu, Iriana akan menerima penghargaan tersebut bersama dengan tokoh lainnya. Penghargaan tersebut mengisyaratkan segala kontribusi positif Iriana, utamanya selama menjabat sebagai ibu negara. Semoga penghargaan tersebut memberi banyak manfaat, ya!

Sumber referensi:

  • https://nasional.kompas.com/read/2023/08/06/12330011/iriana-akan-diberi-bintang-ri-adipradana-oleh-jokowi-apa-itu
  • https://news.detik.com/berita/d-6860511/apa-itu-bintang-ri-adipradana-yang-akan-diberikan-jokowi-ke-iriana
  • https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Bintang_Republik_Indonesia_Adipradana
  • https://news.detik.com/berita/d-6860367/jokowi-akan-beri-bintang-adipradana-ke-iriana-dan-istri-maruf-amin

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini