Pesepak Bola Timnas Indonesia Satu Tim dengan Ed Sheeran di Liga Inggris, Kok Bisa?

Pesepak Bola Timnas Indonesia Satu Tim dengan Ed Sheeran di Liga Inggris, Kok Bisa?
info gambar utama

Pesepak bola Timnas Indonesia Elkan Baggott dan penyanyi Ed Sheeran sama-sama tergabung di klub Ipswich Town.

Elkan Baggott akan menyertai skuad Ipswich Town di Championship, kompetisi kasta kedua Liga Inggris pada musim 2023-2024. Kompetisi sendiri sudah bergulir sejak awal Agustus lalu.

Perjalanan Elkan bersama Ipswich di Championship ini berlangsung setelah ia sebelumnya lebih banyak dipinjamkan ke klub lain. Sejak masuk ke tim senior sejak 2020, pemain berposisi bek tengah itu telah menjalani peminjaman di King's Lynn Town, Gillingham, dan Cheltenham Town.

Ada yang menarik dari kiprah Elkan musim ini. Ternyata, ia satu tim dengan penyanyi beken asal Inggris, Ed Sheeran.

Dalam daftar nomor punggung yang diumumkan Ipswich sebelum kompetisi berlangsung, terselip nama Elkan dan Sheeran. Terlihat bahwa Elkan diberi nomor punggung 26, sementara Sheeran memakai nomor 17.

Lantas, mengapa Elkan bisa setim dengan Sheeran yang jelas bukan pesepak bola?

Emil Audero, Pesepak Bola Berdarah Indonesia Kelahiran Lombok yang Gabung Inter Milan

Peran Ed Sheeran

Meski mendapat nomor punggung layaknya pemain, bukan itu peran Sheeran di Ipswich Town. Ia adalah sponsor bagi klub berlogo kuda tersebut.

Sheeran mulai jadi sponsor Ipswich sejak Mei 2021 dengan kontrak yang diteken untuk durasi semusim. Hasilnya, Sheeran memasang logo "+–=÷×" yang merupakan nama album sekaligus tur konsernya.

Sejak musim 2021-2022 pula Sheeran mulai mendapat nomor punggung di Ipswich. Nomornya pun 17, sama seperti sekarang. Awalnya, Sheeran mengira pemberian nomor punggung untuk dirinya hanyalah lucu-lucuan. Namun, ternyata ide tersebut benar-benar diwujudkan dan ia pun menyukainya.

Sheeran memang dikenal sebagai suporter setia Ipswich. Ia pun mengakui sendiri bahwa menjadi sponsor adalah wujud dukungannya terhadap klub yang dicintainya itu.

“Klub ini adalah bagian besar dari komunitas lokal di sini, dan inilah cara saya untuk menunjukkan dukungan,” ujar Sheeran seperti diwartakan laman resmi klub.

Hadirnya Sheeran sebagai sponsor berimbas positif terhadap Ipswich. Klub melaporkan bahwa penjualan kaus seragam tim pada musim 2021-2022 meroket hingga dua kali lipat dibandingkan musim sebelumnya. Setelah itu. Sheeran memperpanjang kontrak sponsornya hingga akhir musim 2023-2024.

Dengan demikian, setidaknya sampai akhir musim ini Elkan akan satu tim dengan Sheeran. Namun tentu saja, mereka tidak akan bermain bersama dalam pertandingan.

Asal-usul Sebutan Gol Olimpico, Gol Spektakuler seperti di Laga PSIS vs Arema FC

Referensi:

  • https://www.itfc.co.uk/news/2021/august/ed-sheeran-gets-ipswich-squad-number/
  • https://www.itfc.co.uk/news/2021/may/ed-sheeran-sponsors-ipswich-town/
  • https://www.itfc.co.uk/news/2022/june/ed-sheeran-continues-shirt-sponsorship/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini