Emil Audero, Pesepak Bola Berdarah Indonesia Kelahiran Lombok yang Gabung Inter Milan

Emil Audero, Pesepak Bola Berdarah Indonesia Kelahiran Lombok yang Gabung Inter Milan
info gambar utama

Ada nuansa Indonesia di Inter Milan setelah Emil Audero resmi bergabung dengan klub Liga Italia itu.

Emil Audero menjadi salah satu pemain baru Inter untuk musim 2023-2024. Ia didatangkan dengan status pinjaman dari klub Liga Italia lain, Sampdoria. Kabar perekrutan pemain berposisi kiper diumumkan Inter Milan melalui kanal media resminya pada Jumat (11/8) dini hari WIB.

"Sang kiper berusia 26 tahun bergabung bersama Nerazzurri dengan status pinjaman yang disertai opsi pembelian," demikian petikan pengumuman dari Inter di laman resminya.

Perekrutan Emil terjadi setelah Inter melepas kiper utama mereka musim lalu Andre Onana ke Manchester United. Setelah musim 2023-2024, Emil bakal kembali ke Sampdoria, atau tetap lanjut membela Inter jika klub memutuskan untuk membelinya sehingga status pinjaman akan berubah menjadi transfer permanen.

Kabar bergabungnya Emil dengan Inter ramai jadi pembicaraan di Indonesia. Ini utamanya karena ia adalah keturunan Indonesia.

Asal-usul Sebutan Gol Olimpico, Gol Spektakuler seperti di Laga PSIS vs Arema FC

Berdarah Lombok

Dari nama lengkapnya saja, sebetulnya bisa langsung terbaca jika Emil merupakan keturunan Indonesia. Emilio Audero Mulyadi, itulah nama lengkap yang dimaksud. Ia tercatat lahir di Lombok, tepatnya Kota Mataram pada 18 Januari 1997.

Darah Indonesia dalam tubuh Emil mengalir dari ayahnya yang bernama Edy Mulyadi. Sementara itu ibunya bernama Antonella Audero. Fakta ini juga disampaikan Inter dalam pengumuman perekrutan Emil.

"Dua budaya, dua jiwa, dua dunia yang bertemu: Tenangnya lautan Indonesia berpadu dengan kokoh dan kuatnya Pegunungan Piedmont. Itu adalah ciri-ciri yang dimiliki kiper baru Inter, Emil Audero Mulyadi, sejak kecil." tulis Inter.

Emil meniti karier sepak bolanya di Italia. Ia pernah bermain di tim junior Juventus hingga naik level ke tim utama pada 2016. Di klub seteru berat Inter tersebut, Emil sempat dipinjamkan ke Venezia dan Sampdoria.

Setelah menjalani masa peminjaman, Sampdoria merekrutnya secara permanen dari Juventus pada 2019. Emil pun mendapat banyak kesempatan bermain di tim utama, hal yang tidak bisa ia dapatkan saat masih di Juventus.

Sayangnya, performa Sampdoria jeblok hingga terdegradasi dari Serie A ke Serie B. Emil pun hijrah menuju Inter Milan.

Nama Emil juga pernah ramai diperbincangkan di Indonesia karena dirumorkan berpeluang dinaturalisasi dan memperkuat Timnas Indonesia. Namun ayah Emil mengatakan bahwa anaknya bermimpi tampil di Piala Dunia, dan akan merugi jika memilih Timnas Indonesia ketimbang Italia.

Di Timnas Italia, Emil sudah sering bermain di kelonpok umur mulai dari U-15 hingga U-21. Namun ia belum sekalipun merasakan membela Timnas Italia senior.

Bersama Timnas Voli Putri Indonesia, Wilda Siti Nurfadhilah Bersinar di SEA V League 2023

Referensi:

  • https://www.inter.it/en/news/emil-audero-new-inter-player
  • https://www.transfermarkt.com/emil-audero/profil/spieler/256339



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini