Indonesia di Kancah eSports Dunia: Sang Juara yang Berusaha Mempertahankan Tahtanya

Indonesia di Kancah eSports Dunia: Sang Juara yang Berusaha Mempertahankan Tahtanya
info gambar utama

Esports Indonesia kini menatap kejuaraan dunia. Di sana, para atlet olahraga virtual terbaik Tanah Air berusaha mempertahankan tahta juara.

Kejuaraan dunia bertajuk IESF 15th World Esports Championships 2023 akan diselenggarakan di Iasi, Rumania pada 24 Agustus hingga 4 September 2023.

Atlet-atlet Indonesia bersiap untuk bertolak ke Rumania. Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) pun telah menggelar acara pelepasan di kantor PB ESI, Jakarta, Minggu (20/8/2023).

Dalam acara tersebut, Ketua Harian PB ESI Komisaris Jenderal Polisi Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum. menyampaikan harapan agar tim Indonesia mampu mempetahankan prestasi gemilang seperti di kejuaraan dunia tahun lalu.

Diharapkan pula agar para atlet Indonesia bisa berjuang maksimal tanpa gentar menghadapi lawan,
namun tetap menjunjung tinggi sportivitas, fairplay, dan integritas.

“Kami berharap, prestasi emas yang telah ditorehkan Tim Nasional Esports Indonesia pada kejuaraan dunia esports ke-14 atau IESF 14th World Esports Championships 2022 yang berlangsung di Bali tahun lalu dapat dipertahankan pada kejuaraan dunia esports tahun ini," ujar Bambang Sunarwibowo.

"Kami juga berharap, perjuangan terbaik dan prestasi yang ditorehkan nanti akan makin menguatkan posisi esports Indonesia di kancah dunia, sekaligus makin menginspirasi seluruh pelaku eSports tanah air untuk berlomba-lomba menorehkan prestasi dunia lainnya guna memajukan ekosistem eSports Indonesia,” lanjutnya.

Liga Esports Nasional, Tempatnya Para Jagoan Olahraga Virtual Beradu Mekanik

Misi Mempertahankan Gelar Juara

Wajar apabila Indonesia berhasrat mengulang apa yang terjadi di kejuaraan dunia edisi tahun lalu. Sebab, Indonesia adalah tim juara bertahan.

Ya, Indonesia menjadi juara umum dalam ajang IESF World eSports Championship 2022 di Merusaka, Nusa Dua, Bali pada 1-11 Desember. Saat itu, Indonesia ikut serta dalam tujuh cabang permainan yang dipertandingkan. Hasilnya, tiga medali emas dan satu perunggu berhasil dikantongi.

Tiga medali emas Indonesia didapat dari permainan DOTA 2, eFootball, dan Mobile Legends: Bang-Bang. Sementara itu, medali perunggu disumbangkan dari permainan CS:GO putri.

Kini, para atlet Indonesia yang dikirim ke IESF 15th World Esports Championships 2023 telah melakoni Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) dengan baik. Tim Nasional Esports Indonesia sudah siap menampilkan performa terbaik demi mempertahankan gelar juara.

“Tim Nasional yang terpilih melalui seleksi ketat dan berlatih serius mengikuti seluruh rangkaian Pelatnas merupakan tim-tim terbaik yang kami harapkan mampu mengibarkan Sang Saka Merah Putih di Iasi, Rumania." kata Kepala Badan Tim Nasional Esports Indonesia untuk IESF 15th World Esports Championships 2023 Eddy Lim.

Pujian untuk Cemerlangnya eSports Indonesia di Pengujung Tahun 2022

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini