Siap-siap! Pariwisata RI Makin Moncer di Wonderful Indonesia Tourism Fair 2024

Siap-siap! Pariwisata RI Makin Moncer di Wonderful Indonesia Tourism Fair 2024
info gambar utama

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) untuk mempromosikan pariwisata melalui Wonderful Indonesia Tourism Fair (WITF) pada September 2024 mendatang.

Pemerintah mengklaim WITF 2024 sebagai pameran pariwisata berskala internasional yang pertama kalinya diselenggarakan Indonesia untuk memperkenalkan destinasi wisata Tanah Air setelah sektor industri pariwisata global berangsur pulih dari pandemi COVID-19.

“WITF ini kita rancang menjadi event (acara) terbesar yang kaitannya dengan B2B (Business to Business) untuk menarik wisman datang ke Indonesia,” kata Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Hariyadi Sukamdi, dilansir dari Kompas.com, Senin (21/8).

Targetkan 8,5 juta kunjungan wisman

Pelaksanaan WITF 2024 akan melibatkan sebanyak 34 asosiasi GIPI guna mendukung jalannya kegiatan. Target kunjungan wisman saat kegiatan ini nantinya akan disesuaikan dengan target 8,5 juta kunjungan wisman ke Indonesia pada 2023.

Dilansir dari Antara, Senin (21/8), Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini mengatakan pihaknya akan mengerahkan deputi-deputi terkait serta melakukan kerja sama dengan GIPI dan para pemangku kepentingan untuk mempromosikan pariwisata dan meningkatkan kunjungan wisman dalam ajang WITF 2024.

Kemenparekraf juga akan berkolaborasi dalam menggelar perjalanan kunjungan wisata (famtrip) untuk memperkenalkan lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Indonesia, seperti Borobudur, Likupang, Mandalika, Danau Toba, dan Labuan Bajo.

Kawasan Wisata Prioritas Likupang Akan Terapkan Konsep Pariwisata Hijau

Siapkan berbagai acara

Dalam rangka menyambut penyelenggaraan WITF 2024 mendatang, tahun ini GIPI siap mengadakan Road to WITF 2024 yang akan diisi dengan berbagai acara dan kegiatan. Di antaranya termasuk podcast seputar wisata, ajang penghargaan, pameran, simposium, hingga program perjalanan wisata.

WITF 2024 akan dikemas menjadi pasar wisata yang besar dan signifikan untuk menarik wisman. Meski ditujukan untuk kerja sama antar bisnis, dalam pelaksanaannya nanti, WITF juga akan terbuka untuk para konsumen dari kalangan masyarakat umum.

Para agen perjalanan, tour operator, serta pengelola akomodasi dan transportasi juga dikabarkan bakal menghadiri pameran tersebut. Kemenparekraf memproyeksikan gelaran WITF dapat menambah devisa negara serta menggerakkan perekonomian masyarakat.

Eropa dan AS Resesi? Jangan Risau, Pariwisata Indonesia Bisa Tetap Bergairah

Referensi:

Antara. Kemenparekraf Bersama GIPI Gelar WITF 2024 untuk Promosikan Pariwisata. https://www.antaranews.com/berita/3690819/kemenparekraf-bersama-gipi-gelar-witf-2024-untuk-promosikan-pariwisata

Kompas.com. Wonderful Indonsia Tourism Fair Akan Digelar September 2024. https://travel.kompas.com/read/2023/08/21/220700627/wonderful-indonesia-tourism-fair-akan-digelar-september-2024

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini