5 Jenis Mas Ikan Koki yang Mudah Dipelihara

5 Jenis Mas Ikan Koki yang Mudah Dipelihara
info gambar utama

Ikan mas koki merupakan salah satu jenis ikan karper yang populer di kalangan penghobi akuatik. Kombinasi warna yang unik dan indah pada ikan ini membuat banyak orang ingin mengoleksinya.

Banyak jenis ikan koki yang bisa Kawan pelihara. Disarankan untuk memiliki ikan koki yang mudah dipelihara dan memiliki daya tahan yang tinggi. Dalam artian, ikan koki yang Kawan pelihara tidak mudah terserang penyakit.

Berikut ini ada 5 rekomendasi ikan koki yang bisa Kawan pelihara dengan mudah:

1. Ikan Mas Koki Standar (Common Goldfish)

Ikan Mas Koki Standar
© Ensiklopedia Dunia Air & Ikan Hias Air Tawar Air Laut

Jenis ikan mas koki ini memiliki warna yang sama seperti ikan mas umumnya, yakni kuning keemasan. Ciri khas lainnya dari ikan ini adalah bentuk tubuhnya yang datar dan memanjang, serta memiliki kepala yang pendek tapi melebar.

Ikan ini mudah dipelihara karena bisa diberi pangan apa pun, bisa beradaptasi pada kolam terbuka, serta toleran terhadap air tercemar. Walaupun begitu, bukan berarti Kawan menaruh ikan mas koki ini di air kotor begitu saja.

2. Ikan Mas Koki Shubunkin

Ikan Mas Koki Shubunkin
info gambar

Ikan mas koki asal Jepang ini memiliki banyak warna di tubuhnya, sehingga akan tampak menarik saat diletakkan di akuarium. Umumnya, warna-warna pada ikan mas koki Shubunkin adalah putih, abu-abu, merah, oranye, kuning, dan hitam.

Ikan ini bisa hidup selama 10 sampai 15 tahun jika dipelihara dengan standar pemeliharaan ikan mas koki yang baik. Untuk pakannya, Kawan bisa memberikan makanan berupa sayuran, buah-buahan, atau ikan kecil.

3. Ikan Mas Koki Komet

Ikan Mas Koki Komet
info gambar

Bentuk ikan mas koki ini tidak terlalu beda dengan ikan mas koki standar. Hanya saja, jenis ikan mas koki ini harganya jauh lebih murah. Ikan ini tergolong mudah dipelihara karena bisa diberi pakan apa pun. Disarankan untuk memelihara ikan ini pada akuarium atau kolam yang luas supaya ikan ini bisa mendapatkan ukuran panjang yang optimal.

Jika Kawan berhasil memelihara ikan ini pada akuarium atau kolam yang luas, panjangnya bisa mencapai 12 inci. Usia ikan ini pun juga bisa berumur panjang jika dipelihara dengan baik, yakni bisa mencapai 10 sampai 15 tahun.

Kawan bisa menempatkan ikan mas koki ini bersama beberapa jenis ikan mas koki lainnya. Terutama jenis ikan mas koki yang memiliki ekor tunggal. Misalnya ikan mas koki standar dan ikan mas koki Shubunkin.

4. Ikan Mas Koki Lionhead

Ikan Mas Koki Lionhead
info gambar

Jenis ikan mas koki asal Cina ini memiliki bentuk yang unik, terutama pada bagian kepalanya. Kepala ikan mas ini memiliki jambul yang membuat kepala ikan mas ini mirip seperti kepala singa. Bentuk kepala itulah yang menjadi alasan mengapa ikan ini dinamai lionhead.

Ikan mas koki ini memiliki kombinasi warna yang bervariasi. Mulai dari merah-putih, oranye-merah, sampai hitam-putih. Jika Kawan memelihara ikan ini dalam akuarium yang dilengkapi dengan pelengkap layaknya di alam bebas, ikan ini akan tumbuh dengan panjang sampai 5-6 inchi. Ikan ini pun juga bisa hidup dalam waktu lama, yakni selama 10-15 tahun.

Kawan pun bisa menempatkan jenis ikan mas koki ini dengan jenis ikan lainnya. Itu pun dengan catatan jenis ikan lainnya harus memiliki kemampuan berenang halus atau pelan-pelan. Persis seperti sifat dari ikan mas koki lionhead.

5. Ikan Mas Koki Black Moor

Ikan Mas Koki Black Moor
info gambar

Sesuai namanya, jenis ikan mas koki ini memiliki warna hitam sebagai warna dominan. Hal tersebut membuat ikan mas koki ini cukup unik dibanding jenis ikan mas koki sebelumnya. Keunikan lainnya dari ikan ini adalah matanya yang menonjol.

Ikan mas koki black moor tergolong omnivora alias bisa mengonsumsi daging maupun tumbuhan. Adapun beberapa pakan yang bisa Kawan berikan adalah pelet, potongan sayur, dan cacing darah.

Pastikan Kawan menempatkan ikan ini pada akuarium yang luas. Hindari menempatkan terlalu banyak dekorasi pada akuariumnya karena ikan ini suka dengan akuarium yang memiliki banyak ruang kosong. Sehingga mereka pun bisa bebas berenang. Jika Kawan memeliharanya dengan baik, ikan mas koki black moor bisa bertahan hidup selama 10 bahkan 20 tahun.

Referensi:

https://www.isw.co.id/post/2019/05/13/10-jenis-ikan-mas-koki-yang-paling-kuat-dan-mudah-dipelihara

https://www.infoikan.com/2017/04/jenis-ikan-mas-koki-termahal-beserta.html

https://www.infoikan.com/2017/04/ikan-mas-koki-common-ciri-ciri-dan.html

https://www.infoikan.com/2017/04/ikan-mas-koki-shubunkin-ciri-ciri-dan.html

https://www.infoikan.com/2017/04/ikan-mas-koki-komet-ciri-ciri-dan.html

https://www.infoikan.com/2017/04/ikan-mas-koki-lionhead-ciri-ciri-dan.html

https://rawatikan.com/ikan-mas-koki-black-moor/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Anggie Warsito lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Anggie Warsito.

AW
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini