Restoran Bali Buka di Finlandia, Kuliner RI Siap Mendunia

Restoran Bali Buka di Finlandia, Kuliner RI Siap Mendunia
info gambar utama

Kuliner Indonesia kini terus merambah berbagai wilayah di seluruh dunia. Kali ini rumah makan bernuansa Bali hadir tak jauh dari pusat Kota Helsinki, Finlandia, melalui diaspora Indonesia bernama Christie Chasslam dan suaminya, Markku Känninen.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, acara peresmian (grand opening) Bali Restaurant atau yang dikenal Ravintola Bali dalam Bahasa Finlandia itu dihadiri langsung oleh Duta Besar RI untuk Finlandia merangkap Estonia, Ratu Silvy Gayatri pada 18 Agustus 2023 lalu.

Dalam sambutannya, Dubes Silvy mengatakan restoran Indonesia di Finlandia dapat menjadi jembatan bagi masyarakat Finlandia untuk lebih mengenal Indonesia. Selain itu, pihaknya juga berharap agar kehadiran kuliner asli Indonesia ini dapat semakin mempererat people-to-people contact antara masyarakat Finlandia dengan masyarakat Indonesia.

Kembangkan gastrodiplomasi

Makanan adalah identitas nasional suatu bangsa. Lebih dari sekadar tujuan bisnis, kehadiran makanan Nusantara di luar negeri merupakan salah satu upaya gastrodiplomasi yang akan mendukung diplomasi ekonomi Indonesia.

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebelumnya telah meluncurkan Program Indosiar sebagai suatu platform yang memberikan pembiayaan dan pelatihan kewirausahaan kepada wirausaha-wirausaha diaspora Indonesia.

Dengan adanya program tersebut, pemerintah menargetkan sebanyak 4.000 restoran Indonesia baru sudah dapat beroperasi untuk mendorong pertumbuhan ekspor rempah-rempah dari Indonesia hingga 2 miliar dolar AS di tahun 2025.

Dukung Wirausaha Diaspora, Pemerintah Luncurkan Program Indostar di Hong Kong

Ketangguhan kuliner RI

Indonesia tak hanya memiliki keindahan alam tetapi juga tradisi yang mewarnai berbagai jenis kuliner khas di setiap daerah. Kemenparekraf memperkirakan setidaknya terdapat lebih dari 5.000 resep tradisional di Indonesia.

Beberapa makanan khas Indonesia pun secara konsisten masuk dalam jajaran makanan terbaik dunia, seperti rendang, nasi goreng, hingga sate. Bahkan di tengah pandemi COVID-19, kuliner asli Indonesia tetap menjadi primadona.

Berdasarkan survei terhadap lebih dari 60.000 pembaca dan kritikus makanan, TasteAtlas pada 2020 memasukkan rawon, gulai cincang dan sayur asem dalam daftar sup terenak di dunia. Indonesia juga menjadi salah satu negara dengan masakan terbaik dan terlezat dunia pada 2021.

Kalahkan Ramen dari Jepang, Rawon Dinobatkan sebagai Sup Terenak di Dunia Versi TasteAtlas

Referensi:

TasteAtlas. Best Rated Soups. https://www.tasteatlas.com/soups.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini