Ikan Mas Koki Butterfly , Ikan Mas Cantik nan Langka yang Butuh Perawatan Ekstra

Ikan Mas Koki Butterfly , Ikan Mas Cantik nan Langka yang Butuh Perawatan Ekstra
info gambar utama

Ikan mas koki sangat populer di kalangan pecinta ikan hias karena daya tarik visualnya yang indah. Karena itulah, ikan hias ini banyak diincar untuk mempercantik aquarium. Salah satu yang populer karena sangat langka adalah Ikan Mas Koki Butterfly .

Meskipun sama-sama memiliki visual yang menarik, yang membuatnya unik dibandingkan dengan Ikan Mas Koki jenis lainnya, terletak pada bentuk tubuhnya. Ikan Mas Koki Butterfly memiliki sirip ekor yang unik dan indah, karena berbentuk menyerupai huruf X seperti sayap kupu-kupu.

Sebagai informasi, Ikan Mas Koki Butterfly terbagi lagi menjadi 2 jenis. Ikan Mas Koki Butterfly Tail yang menyerupai sayap kupu-kupu (butterfly tail) dan Ikan Mas Koki Butterfly yang dianggap memiliki ekor X tapi cenderung agak samar.

Jenis Ikan Mas Koki Butterfly Tail

Ikan Mas Koki Butterfly Tail terbagi menjadi beberapa jenis lain yang populer. Berikut diantaranya:

  1. Butterfly Tail Moor: Varian ini memiliki warna tubuh hitam yang mencolok dengan ekor butterfly tail yang kontras berwarna putih atau merah.
  2. Butterfly Tail Telescope: Ikan ini memiliki mata menonjol (telescope eyes) yang memperbesar ukuran matanya, sehingga memberikan tampilan yang unik.
  3. Butterfly Tail Lionhead: Butterfly Tail Lionhead memiliki ekor butterfly tail yang unik dan juga memiliki ciri kepala yang bengkak atau menggelembung yang mirip dengan singa.
  4. Butterfly Tail Oranda: Varian ini memiliki ekor butterfly tail yang khas dengan tambahan ciri kepala bengkak atau menggelembung di atas mata (wen).

Panduan Merawat Ikan Mas Koki Butterfly Tail di Aquarium

Merawat Ikan Mas Koki Butterfly Tail di dalam akuarium memerlukan perhatian khusus, berbeda dengan perawatan Ikan Mas Koki pada umumnya. Bagi Kawan yang ingin merawatnya di aquarium, berikut tipsnya:

  1. Pastikan akuarium cukup besar untuk memberi ruang yang cukup bagi Ikan Mas Koki Butterfly Tail untuk berenang dan tumbuh. Satu ikan memerlukan minimal 20-30 liter air, tetapi semakin besar akuariumnya, semakin baik.
  2. Gunakan substrat yang halus seperti pasir atau kerikil halus di dasar akuarium. Hindari substrat kasar yang dapat merusak sirip mereka.
  3. Monitor kualitas air secara teratur. Ikan mas koki sensitif terhadap perubahan suhu dan kualitas air. Pertahankan suhu air yang sesuai, biasanya antara 18-22 derajat Celcius.
  4. Rutin bersihkan akuarium dan ubah sekitar 10-15% air setiap minggu untuk menjaga kualitas air yang baik.

Baca Juga: 5 Jenis Mas Ikan Koki yang Mudah Dipelihara

Tips Memilih dan Membeli Ikan Mas Koki Butterfly

Memilih Ikan Mas Koki Butterfly harus hati-hati, selain karena harganya yang cukup mahal, ikan jenis ini juga masih sangat langka, sehingga rawan ditipu oleh penjual. Untuk itu, sebelum membeli pastikan ekornya memiliki bentuk yang menyerupai sayap kupu-kupu (butterfly tail), pastikan berbentuk X yang memanjang ke samping dan atas.

Kedua, jangan ragu untuk bertanya kepada penjual tentang riwayat kesehatan ikan. Tanyakan apakah ikan tersebut pernah mengalami penyakit atau masalah kesehatan lainnya.

Terakhir, karena Ikan Mas Koki Butterfly termasuk jenis ikan yang aktif. Maka ketika Kawan berencana untuk memelihara lebih dari satu ikan mas koki Butterfly Tail, pastikan membeli ikan dari kelompok yang cocok secara sosial. Hindari ikan yang terlihat agresif atau terlalu dominan.

Sumber:

  • https://artikel.rumah123.com/10-jenis-ikan-mas-koki-beserta-harganya-cocok-untuk-akuarium-rumah-78362
  • https://www.liputan6.com/hot/read/4222477/6-jenis-ikan-mas-koki-termahal-dengan-warna-yang-cantik
  • https://berita.99.co/jenis-ikan-koki-peliharaan/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini