Melepas Rindu Kampung Halaman di Pasar Rakyat Brunei Darussalam

Melepas Rindu Kampung Halaman di Pasar Rakyat Brunei Darussalam
info gambar utama

Kedutaan Besar RI Bandar Seri Begawan kembali menggelar Pasar Rakyat untuk melepas rindu warga Indonesia yang tinggal di Brunei Darussalam. Acara tahunan ini sekaligus jadi ajang memperkenalkan budaya dan produk khas Nusantara.

Dilansir dari Antara, Selasa (29/8), sebanyak 2.500 orang mengunjungi Pasar Rakyat tahun ini yang berlangsung pada 26–27 Agustus di halaman KBRI Seri Begawan. Acara ini juga menjadi bagian dari perayaan HUT ke-78 RI di Brunei Darussalam.

“Pasar rakyat ini sudah menjadi ajang rutin bagi warga Indonesia yang ada di Brunei untuk silaturahmi dengan teman dan kerabat, sekaligus mengobati rindu kampung halaman,” kata Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Achmad Ubaedillah.

Raup omzet ratusan juta

Sebanyak 51 stan dari UMKM milik warga Indonesia di Brunei menjajakan berbagai produk khas Indonesia, mulai dari makanan, minuman, hingga kerajinan tangan. Di sisi lain, ada pula stan jasa yang menawarkan layanan pengiriman uang, logistik, tiket perjalanan ke Indonesia, dan pendidikan.

Dalam dua hari pelaksanaan, Pasar Rakyat itu berhasil meraup omzet lebih dari 40 ribu dolar Brunei (BND) atau sekitar Rp450 juta dan nilai transaksi remitansi senilai lebih dari 36 ribu BND atau sekitar Rp405 juta.

Dua stan layanan milik BPJS Ketenagakerjaan dan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) juga tak kalah dibanjiri pengunjung. Dalam kesempatan ini, PPLN KBRI Seri Begawan membuka kesempatan bagi WNI yang belum masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk melakukan pemutakhiran data.

Ketika Kuliner Nusantara Es dan Soto Segarkan Musim Panas di Tokyo

Hadirkan suasana meriah

Tak hanya menjual produk dan jasa, Pasar Rakyat di Brunei kali ini diwarnai sorak gembira melalui berbagai kegiatan khas tradisi bulan Agustus. Di antaranya ada perlombaan tarik tambang dan kompetisi untuk anak-anak.

Suasana semakin meriah dengan adanya panggung yang menampilkan tarian dan kesenian daerah. Pertunjukan yang dibawakan masyarakat Indonesia di Brunei ini juga menghibur lewat band lagu populer, karaoke, dan musik rakyat.

Di sela-sela kegiatan, podcast radio internal diputar untuk menemani para pengunjung. Mereka juga semakin bersemangat dengan adanya pembagian doorprize berhadiah menarik. Kemeriahan acara ini pun sukses membawa warga Indonesia seperti berada di kampung halamannya.

Mulai 1 Maret, DAMRI Kembali Layani Perjalanan Pontianak-Brunei Darussalam

Referensi:

Antara. Pasar Rakyat KBRI Kembali Curi Perhatian Warga di Brunei. https://www.antaranews.com/berita/3701169/pasar-rakyat-kbri-kembali-curi-perhatian-warga-di-brunei

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini