Calon Bintang Bulu Tangkis Indonesia Berprestasi di Asia Junior Sports Exchange Games 2023

Calon Bintang Bulu Tangkis Indonesia Berprestasi di Asia Junior Sports Exchange Games 2023
info gambar utama

Para calon bintang bulu tangkis Indonesia beraksi di ajang Asia Junior Sports Exchange Games 2023. Mereka pun sukses meraih prestasi ciamik dari sana.

Asia Junior Sports Exchange Games 2023 merupakan ajang antaratlet usia muda yang mewakili sejumlah kota di berbagai penjuru Asia. Tahun ini, ajang tersebut diselenggarakan di Komazawa Olympic Park dan Tokyo Budokan Budo Arena, Jepang pada 26 hingga 28 Agustus lalu.

Ada dua cabang olahraga yang dilombakan, yakni bulu tangkis dan tenis meja. Indonesia kemudian tampil menonjol di cabang bulu tangkis dan para-bulu tangkis. Tim Indonesia yang diwakili para atlet dari Jakarta bahkan menempati posisi peringkat kedua alias runner-up dalam cabang tersebut.

Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023, Momen Bangkitnya Apriyani Rahayu/Siti Fadia

Mengalahkan Tuan Rumah

Untuk diketahui, bulu tangkis dan para-bulu tangkis dimainkan secara tim dan atlet tidak bertanding atas nama individu. Dalam setiap pertandingan, atlet dari nomor ganda putra, ganda putri, tunggal putra, tunggal putri, dan ganda campuran akan bertanfing secara bergiliran. Format ini serupa dengan yang diterapkan beberapa ajang papan atas internasional seperti Piala Sudirman.

Pada partai final, Indonesia bertemu dengan tim tuan rumah dari Fukushima, Jepang. Pertarungan antara kedua tim berlangsung ketat dan berakhir dengan kemenangan 3-2 bagi Indonesia.

Chef De Mission (CdM) sekaligus Manager Tim Badminton Muharram Fajar Nugraha menyatakan bahwa prestasi ini merupakan buah dari dedikasi para atlet, pelatih, dan seluruh kontingen dan komunitas bulu tangkis.

"Di Partai Final kami belum beruntung tetapi Kami sangat bangga dengan penampilan luar biasa tim kami di Asia Junior Sports Exchange Games 2023. Juara 1, 2 dan 3 hanyalah angka dan tingkatan, terlepas itu kami yakin prestasi ini bisa menjadi motivasi dan semangat bagi kami semua, para pelatih, pemain jajaran kontingen serta para pendukung untuk membawa kita menjadi lebih baik lagi ke depannya," ujar Muharram seperti dilansir laman resmi Kemenpora.

Diharapkan, prestasi yang didapat dari Asia Junior Sports Exchange Games 2023 juga membawa manfaat tidak hanya bagi atlet yang ikut bertanding di Jepang, namun juga atlet-atlet muda lain di Tanah Air lewat inspirasi yang dibawa.

"Sekembalinya ke rumah, kami tidak hanya membawa medali perak tetapi juga pengalaman berharga bersaing dengan atlet junior terbaik dari seluruh Asia. Kami semakin termotivasi untuk terus bekerja keras, mendorong batas kemampuan kami, dan berjuang untuk pencapaian yang lebih besar lagi di masa depan. Kami berharap penampilan kami dapat menginspirasi para atlet muda di seluruh Indonesia untuk bermimpi besar, bekerja keras, dan percaya diri," tambah Muharram.

Akhir Perjalanan Gemilang Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis

Referensi:

  • https://www.kemenpora.go.id/detail/4142/indonesia-raih-posisi-runner-up-di-ajang-asia-junior-sports-exchange-games-2023-tokyo
  • https://tokyo-jsa.jp/en/badminton_en/



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini