Belitung Jadi Tujuan Wisata untuk Kegiatan Pasca KTT ASEAN ke-43

Belitung Jadi Tujuan Wisata untuk Kegiatan Pasca KTT ASEAN ke-43
info gambar utama

Belitung dikenal sebagai tujuan wisata geopark yang telah berhasil meraih gelar Geopark Global karena memiliki keanekaragaman geologi, seperti lanskap alam, batuan, mineral, proses geologi dan tektonik, serta evolusi bumi yang terjadi di Belitung.

Selain itu, Belitung memiliki campuran budaya, biologi, dan geografi yang saling terkait. Tidak hanya itu, beragam fauna dan flora unik hidup di Pulau Belitung, termasuk ikan toman, ikan putih, tarsius, dan tanaman herbal yang masih dilestarikan oleh penduduk setempat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno pun merekomendasikan Belitung sebagai tujuan perjalanan pasca acara bagi delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43.

“Itu kebetulan delegasi ASEAN sudah sebagian besar datang, dan beberapa tadi yang saya temui, sebagian dari mereka bertanya mau kemana. Saya bilang mau ke Belitung, salah satu yang saya rekomendasikan untuk post event trip adalah Belitung,” kata Menparekraf Sandiaga, dalam keterangan tertulis.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berharap pelaksanaan KTT ASEAN ke-43 yang akan berlangsung di Jakarta pada 5-7 September 2023, dapat berhasil sehingga akan membantu mendorong pergerakan ekonomi.

Nantinya, semua kementerian akan terlibat dalam KTT ASEAN ke-43. Ada 24 kepala negara yang akan hadir. Harapannya akan ada peningkatan dalam ekonomi, termasuk tingkat hunian kamar yang telah mencapai di atas 60 persen.

800 Kendaraan Listrik Siap Sukseskan KTT ASEAN ke-43

Mempromosikan Belitung ke ASEAN dan dunia

Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa penyelenggaraan World Tourism Day Golf Geopark Challenge 2023 akan membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pariwisata alam dan geopark di Belitung, baik di Indonesia maupun di dunia, termasuk kawasan ASEAN.

Sebelumnya, pada World Tourism Day Golf Geopark Challenge, di Black Rock Golf Club, Tanjungpandan, Sabtu (2/9/2023), Sandiaga mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian peringatan World Tourism Day, serta sebagai acara sampingan untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 tahun 2023.

"Kami menggunakan ini untuk membangun kesadaran tentang potensi geopark, tidak hanya untuk pariwisata tetapi juga sebagai upaya untuk membangun ekonomi dan menjaga keberlanjutan serta keanekaragaman hayati. Seperti yang dapat kita lihat, keindahan Belitung dengan Black Rock menampilkan formasi batuan dan susunan formasi geopark, salah satunya mendapatkan skor tertinggi di dunia menurut penilaian dari UNESCO," ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta Privy (perusahaan penyedia sertifikat elektronik terpercaya dan penyedia tanda tangan elektronik).

Ia juga berharap hal ini dapat menciptakan ruang bisnis dan peluang kerja dengan target 4,4 lapangan kerja baru di sektor parekraf.

Belitung Pulau Kecil dengan Sejuta Keindahannya yang Dapat Dinikmati

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini