800 Kendaraan Listrik Siap Sukseskan KTT ASEAN ke-43

800 Kendaraan Listrik Siap Sukseskan KTT ASEAN ke-43
info gambar utama

Sebanyak 800 unit kendaraan listrik akan turut menyukseskan Konferensi Tingkat Tinggi (KKTT) ASEAN di Jakarta pada 5—7 September 2023. Jumlah tersebut terbagi atas 560 unit mobil dan 240 unit sepeda motor.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama mengungkapkan, pengadaan angkutan ramah lingkungan ini terwujud atas pinjaman dari sejumlah produsen otomotif pelat merah, seperti BMW, Hyundai, Toyota, dan Wuling.

Line up mobil listrik untuk rangkaian para leaders dan juga delegasi yang lain sudah kita siapkan,” kata Setya dalam keterangan tertulis, Kamis (31/8/2023).

Dia memaparkan, seluruh pemimpin negara sahabat akan difasilitasi transportasi berupa 24 unit BMW i7 berkapasitas 101,7 kWh dengan tenaga maksimum 544 tk. Kemudian, para Menteri dan Pejabat Tinggi akan menggunakan Toyota bZ4X sebanyak 76 unit. Mobil listrik ini dianggap cocok untuk memenuhi mobilitas selama KTT ASEAN ke-43 karena memiliki daya jelajah hingga 500 kilometer dalam sekali pengisian daya penuh.

Sorotan Diplomatik Jakarta: Kamala Harris Akan Mewakili AS di KTT AS-ASEAN di Jakarta

Sementara itu, mobilisasi pasangan pejabat atau tamu VVIP dan protokoler akan didukung oleh mobil listrik berbasis baterai milik Hyundai, yaitu Ioniq 6 sebanyak 52 unit serta Ioniq 5 sejumlah 208 unit. Terakhir, sebanyak 150 unit Wuling Air ev akan digunakan sebagai kendaraan operasional.

“Wuling Air ev dilengkapi dengan beragam kemudahan dan fitur modern yang siap untuk mendukung mobilitas ramah lingkungan selama KTT ASEAN 2023," ucap Dian Asmahani, Brand and Marketing Director Wuling Motors.

Selain itu, melalui kerja sama antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Mass Rapid Transit (MRT) serta shuttle bus listrik akan disiapkan untuk mengantarkan para tamu dari dan menuju Jakarta Convention Center (JCC).

Siap Sambut KTT ASEAN ke-43, Rehabilitasi JCC Segera Rampung 25 Agustus 2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini