Belitung Pulau Kecil dengan Sejuta Keindahannya yang Dapat Dinikmati

Belitung Pulau Kecil dengan Sejuta Keindahannya yang Dapat Dinikmati
info gambar utama

Indonesia merupakan negara Kepulauan di mana memiliki berbagai macam pulau yang indah dan bisa dikunjungi, salah satunya Belitung.

Belitung merupakan sebuah pulau kecil yang berada di Provinsi Bangka Belitung. Kawan GNFI awalnya beberapa mungkin masih banyak yang belum mengetahui Pulau Belitung, tetapi jika sudah menonton film Laskar Pelangi otomatis akan mengetahui betapa populernya film tersebut, dengan latar tempat bernama Gantung dan menceritakan 10 anak sekolahan.

Gantung adalah salah satu kecamatan yang ada di Belitung Timur. Kepopuleran film tersebut membuat Pulau Belitung cukup banyak diketahui oleh khalayak ramai serta menjadikan Belitung sebagai tempat yang terkenal dengan wisata dan pantai yang memanjakan mata.

Bagi Kawan GNFI yang masih bingung mau berlibur di mana saat liburan nanti, bisa menjadikan Belitung sebagai tempat tujuan menghabiskan waktu dan bersenang-senang bersama keluarga, teman, atau pun sendiri.

Lembah Harau, Tebing Asli Indonesia Bak Pedesaan Swiss

Tempat Wisata Belitung

1. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi | Foto: Dokumentasi Pribadi/Catherine Intanadya Ilhamti
info gambar

Pantai Tanjung Tinggi terletak di utara Belitung berjarak 31 km dari kota Tanjung Pandan.

Pantai ini sangat indah tidak hanya pasir putih dan air laut yang biru, tetapi pantai ini sedikit unik karena terdapat batu-batu granit yang membuat pantai ini semakin indah di sepanjang pantainya.

Luas pantai hingga 80 hektar dengan bentuk batu granit yang bermacam-macam. Selain itu, di sekitar pantai banyak yang menyediakan makanan seafood memanjakan lidah.

Keindahan pantai ini menjadikan destinasi wisata paling wajib dikunjungi Kawan GNFI di Belitung.

2. Danau Kaolin

Source Picture: Dokumentasi Pribadi
info gambar

Danau Kaolin terbentuk oleh bekas pertambangan kaolin yang terletak di Jalan Murai, Desa Air Raya, Tanjung Pandan.

Pengerukan yang terjadi membuat lubang besar sehingga terisi air hujan yang turun dan membuat sebuah danau.

Danau Kaolin menjadi destinasi tepat bagi kalian yang ingin mengambil foto karena terpukau keindahan dari danau buatan ini.

17 Makanan Khas Bangka Belitung yang Memanjakan Pecinta Seafood

3. Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata | Foto: Allen Wen
info gambar

Museum Kata Andrea Hirata | Foto: Mariana Rahayu
info gambar

Kawan pasti sudah tidak asing dengan nama Andrea Hirata. Dia sudah mengeluarkan begitu banyak buku yang disukai oleh para pembaca.

Salah satu buku yang diterbitkan oleh Andrea Hirata adalah novel Laskar Pelangi dan diadaptasi menajdi sebuah film Laskar Pelangi pada 2008 karena kepopuleran novel tersebut.

Bagi Kawan GNFI yang menjadi fan berat dari Andre Hirata atau pun hobi membaca dapat mengunjungi Museum Kata Andrea Hirata yang terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantung, Belitung Timur.

4. Open Pit Nam Salu Geosit

Open Pit Nam Salu Geosit | Foto: Muhammad Yusuf
info gambar

Kawan yang tidak mau hanya berlibur dan ingin belajar, bisa menambah pengetahuan sejarah mengenai pertambangan di Open Pit.

Open Pit merupakan tempat wisata yang merupakan bekas pertambangan timah. Tempat wisata Belitung ini berbentuk seperti gua-gua dan menjadi bekas pertambangan terbesar di Asia tenggara dengan kedalaman 100 meter.

Open Pin Nam Salu Geosit ini juga diperkenalkan di G20 pada saat pertemuan Delegasi yang diadakan di Belitung, lho. Wisata ini terletak di Desa Senyubok, Kelapa Kampit, Belitung Timur.

5. Rumah Keong

Rumah Keong | Foto: Aris Untung Wibowo
info gambar

Rumah Keong adalah tempat wisata unik yang berbentuk seperti cangkang keong menggunakan raton, yang terletak di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur.

Tempat ini dapat dinikmati selagi melihat keindahan sekitar yang memanjakan mata.

Pulau Leebong, Surga Tersembunyi Nan Memesona di Bangka Belitung

6. Sekolah Replika Muhammadiyah Lokasi Syuting film Laskar Pelangi

Replika Sekolah Laskar Pelangi | Foto: M. Adelia
info gambar

Berkat kepopuleran film Laskar Pelangi membuat tempat sekolah yang ada dalam film tersebut menjadi desitinasi yang didatangi pengunjung, yaitu replika dari SD Muhammadiyah.

Kawan bisa merasakan atmosfer dari keadaan Lintang dan teman-teman dalam menuntut ilmu.

Wisata ini terletak di Jl. Laskar Pelangi, Lenggang, Kecamatan. Gantung, Kabupaten Belitung Timur.

Beberapa tempat wisata Belitung di atas adalah destinasi yang banyak dikunjungi para wisatawan. Apakah Kawan GNFI juga tertarik untuk mengunjunginya?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

CI
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini