Mengenal Pound Fit, Olahraga yang Sedang Digandrungi Masyarakat Indonesia

Mengenal Pound Fit, Olahraga yang Sedang Digandrungi Masyarakat Indonesia
info gambar utama

Masyarakat Indonesia, terutama kaum perempuan, saat ini banyak yang memilih pound fit sebagai olahraga yang dilakoni. Di berbagai daerah, kelas-kelas pound fit ramai didatangi kaum Hawa yang ingin berolahraga bersama.

Ya, pound fit saat ini sedang digandrungi di Indonesia. Kenali apa itu pound fit dan manfaatnya.

Menyambut Bangkitnya Olahraga Senam di Indonesia

Apa Itu Pound Fit?

Pada dasarnya, pound fit adalah latihan kardio yang menggunakan seluruh tubuh. Pound fit dilakukan dengan alat berupa dua buah tongkat bernama Ripstix. Sekilas, wujud Ripstix sangat mirip dengan stik drum.

Cara memainkan Ripstix memang mirip dengan gerakan bermain drum dengan beragam ritme. Gerakan tersebut berguna untuk membentuk otot dan membakar kalori.

Pound fit diciptakan di Amerika Serikat pada 2011 oleh dua perempuan bernama Cristina Peerenboom dan Kirsten Potenza yang merupakan pemain drum dan atlet universitas.Asal muasalnya adalah rutinitas mereka yang kerap melakukan olahraga seperti pilates untuk menjaga tubuh agar tetap ramping. Namun, rutinitas tersebut justru membuat bosan sehingga mereka terdorong untuk menciptakan olahraga dengan gaya baru.

Cristina dan Kirsten kemudian menyadari bahwa gerakan bermain drum sebetulnya sama dengan olahraga. Dari situ, kemudian terciptalah pound fit yang alat dan gerakannya mirip dengan aktivitas bermain drum.

Berdendang Bersama Poco-Poco, Senam dan Tarian Menggemaskan

Manfaat Pound Fit

Pound fit tentu saja punya manfaat penting bagi tubuh. Apa manfaat itu?

Dr. dr. R Muharam, SpOG(K)., M.P.H., dr., dkk. dalam Kupas Tuntas PCOS menjelaskan jika pound fit masuk dalam kategori olahraga aerobik, yakni olahraga yang meningkatkan denyut jantung. Selain pound fit, olahraga lain yang juga tergolong sebagai aerobik di antaranya bersepeda, berenang, dan lari.

Olaharaga aerobik seperti pound fit bermanfaat untuk mencegah penyakit kronis, khususnya yang berkaitan dengan jantung dan vuscular. Bagi perempuan berusia produktif, dianjurkan berolahraga aerobik selama minimal 2,5 jam perpekan dengan intensitas sedang atau 1 sampai 1,5 jam perpekan dengan intensitas tingggi.

Sementara itu, Woodside Club selaku salah satu penyedia kelas pound fit di Kansas, Amerika Serikat menjelaskan jika olahraga ini dapat menurunkan tingkat stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menurunkan tekanan darah.

Pound fit cocok dilakukan bagi semua usia. Dengan demikian, olahraga ini bisa jadi pilihan bagus bagi semua orang untuk menjaga kesehatan.

Apakah Anda tertarik mencoba pound fit? Atau justru sudah mencoba dan ketagihan?

Alun Alun Pati, Ruang Terbuka Hijau Untuk Spot Olahraga dan Rekreasi

Referensi:

  • Muharam, R Evanti Kusumawardani Kevin Ardito Prabowo Harahap, Juliana Sari Sekar Tiarin Sihandaru. (2020). Kupas Tuntas PCOS. Deepublish.
  • https://poundfit.com/about/
  • https://clubwoodside.com/blog/pound-fit/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini