Kamala Harris, PM Australia dan Kanada Tiba di Jakarta untuk KTT ke-43 ASEAN

Kamala Harris, PM Australia dan Kanada Tiba di Jakarta untuk KTT ke-43 ASEAN
info gambar utama

Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat Kamala Harris tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, untuk menghadiri KTT ASEAN ke-43 di Jakarta. Kamala tiba sekitar pukul 22.00 WIB dan disambut oleh Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin, Selasa (5/9/2023).

Juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre menerangkan, Presiden AS Joe Biden mengutus Kamala untuk menggantikannya karena ia harus menghadiri KTT G20 di India pada 7—10 September 2023.

Wakil Presiden AS dan para pemimpin ASEAN akan membahas perluasan hubungan AS-ASEAN di bawah pemerintahan Biden-Harris, yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan Wakil Presiden akan menegaskan kembali komitmen Amerika Serikat terhadap Asia Tenggara dan sentralitas ASEAN.

Sebelum Haris, Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese lebih dahulu tiba di Jakarta. Pesawat yang membawa Albanese, pendamping, beserta delegasi, mendarat sekitar pukul 20.15 WIB, dan disambut oleh Direktur Konsuler Kementerian Luar Negeri RI Simon Djatwoko Irwantoro Soekarno.

Sorotan Diplomatik Jakarta: Kamala Harris Akan Mewakili AS di KTT AS-ASEAN di Jakarta

Austalian Associated Press menulis, Albanese akan meluncurkan Strategi Ekonomi Asia Tenggara-Australia hingga 2040 pada KTT ke-43 ASEAN. Di dalamnya memuat uraian cara-cara untuk meningkatkan hubungan perdagangan dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di kawasan ini.

Strategi itu memaparkan 75 rekomendasi untuk menumbuhkan kemitraan dengan negara-negara Asia Tenggara, termasuk memotong birokrasi bisnis, meningkatkan beasiswa, dan membebaskan sektor penerbangan.

Sebagai bagian dari rangkaian inisiatif pertama strategi ini, 95,4 juta dolar AU akan dibelanjakan selama empat tahun ke depan untuk langkah-langkah meningkatkan investasi. Dana tersebut mencakup 70 juta dolar untuk tim yang berbasis di ASEAN untuk bekerja dengan investor Australia dan bisnis Asia Tenggara. Kemudian, 19 juta dolar AU untuk program pertukaran bisnis Asia Tenggara guna meningkatkan perdagangan dua arah.

Sebesar 6 juta dolar AU lainnya akan disisihkan untuk program percontohan penempatan serta magang bagi para profesional muda di bisnis Australia dan Asia Tenggara.

Sementara itu PM Kanada Justin Trudeau menjadi kepala negara yang pertama tiba di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 11.35 WIB. Trudeu disambut oleh jajaran pasukan kehormatan dan tarian tradisional.

CTV News melaporkan, Kanada akan membuka kantor pengembangan ekspor di Jakarta, Trudeau mengumumkannya pada Selasa ketika berada di Indonesia.

“Sangat penting bagi perusahaan-perusahaan dan eksportir Kanada untuk tumbuh di kawasan ini karena jika mereka tumbuh, hal itu berarti akan ada lapangan pekerjaan yang baik di dalam negeri,” kata Menteri Perdagangan Kanada Mary Ng kepada wartawan di Jakarta.

Mengenal 12 Negara Mitra Wicara ASEAN, Hadir di KTT ke-43?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini