Felix Viktor Raih Emas Pertama dalam Sejarah RI di Kejuaraan Renang Dunia

Felix Viktor Raih Emas Pertama dalam Sejarah RI di Kejuaraan Renang Dunia
info gambar utama

Perenang muda berbakat, Felix Viktor Iberle, berhasil membawa pulang medali emas dalam ajang World Aquatics Junior Swimming Championships 2023 yang digelar di Netanya, Israel, Sabtu (9/9). Pada malam itu, Iberle memecahkan rekor kemenangan pertama dalam sejarah Indonesia di kejuaraan renang dunia, baik junior ataupun senior.

Dalam situs World Aquatics disebutkan, Iberle sebagai pendatang baru internasional memenangkan final gaya dada 50 meter putra dengan catatan waktu 27,39 detik. Pemuda 18 tahun ini menjadi satu-satunya wakil Indonesia dalam kompetisi tersebut.

“Iberle adalah fenomena baru yang muncul di dunia selama empat bulan terakhir. Ia merupakan satu-satunya perenang Indonesia pada kejuaraan ini, hanya berada di kota tersebut untuk satu event dan harus menunggu hingga malam terakhir balapan untuk mendapatkan kesempatan meraih medali emas,” tulis Cam Nation, Koresponden World Aquatics, dalam siaran resmi.

Simson Situmorang, Atlet Renang Tanpa Tangan dan Kaki Utuh

World Aquatics/Gilad Kavalerchik

Pada babak semifinal, Iberle berhasil menjadi yang tercepat (27,15 detik) dan unggul setengah detik lebih dari Jonas Gaur asal Denmark (27,68) dan Watson Nguyen asal Amerika Serikat (27,75).

Sebelum itu, Iberle mencatatkan waktu 26,98 detik pada babak penyisihan. Terpaut 0,01 detik di luar rekor junior dunia Nicolo Martinenghi asal Italia yang diraih pada 2017 dan diklaim sebagai rekor kejuaraan Italia dalam prosesnya.

Atlet berdarah Jerman ini berenang dengan pemulihan lengan yang kuat dan tendangan sempit. Kecepatan yang ia hasilkan di babak penyisihan dan semifinal terbukti tidak tertandingi.

 OLAHRAGA Atlet Kun Bokator Indonesia Sabet 2 Emas Lagi di SEA Games 2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini