RI Beli Kapal Selam Penyelamat dari Inggris, Paling Unggul di Dunia

RI Beli Kapal Selam Penyelamat dari Inggris, Paling Unggul di Dunia
info gambar utama

TNI Angkatan Laut (AL) akan diperkuat dengan alutsista baru berupa Submarine Rescue Vehicle System (SRVS), sebuah kapal selam untuk mengevakuasi awak kapal yang tenggelam. Armada ini akan didatangkan langsung dari galangan kapal Submarine Manufacture and Products (SMP) Ltd., produsen peralatan menyelam terkemuka di dunia asal Preston, Inggris.

Kontrak pengadaan SRVS telah diteken oleh perwakilan Kementerian Pertahanan RI dan PT BTI Indo Tekno pada 1 September 2023. Kesepakatan tersebut mencakup penyediaan kapal selam penyelamat berteknologi canggih SRV-F Mk3 serta kapal induk khusus (mothership) yang dirancang untuk mendukung misi penyelamatan kapal selam darurat.

SRV-F Mk3 mengusung konsep “One Out, All Out” dan diklaim sebagai sistem penyelamatan kapal selam paling unggul di dunia. Armada tersebut akan dioperasikan oleh Komando Operasi Kapal Selam (Koopkasel) di bawah naungan Koarmada RI

RI Beli 24 Unit Helikopter Sikorsky S-70M Black Hawk dari AS

Kapal berawak ini dapat berenang bebas sejauh 500 meter dan mampu menyelamatkan seluruh kru kapal selam dalam satu kali perjalanan saja. Kapasitasnya mencakup 50 penumpang dan 3 kru operator. SRV-F Mk3 juga mempunyai desain “hybrid” yang memungkinkannya untuk dibawa menggunakan mothership, maupun pesawat terbang atau transportasi darat.

SRV-F Mk.3 direncanakan akan dibawa ke Indonesia dengan sebuah mothership yang akan dioperasikan oleh Koopkasel. Armada ini juga dilengkapi dengan berbagai perlengkapan canggih, seperti dedicated decompression chamber. Sementara itu, mothership mampu mendukung operasi penyelamatan kapal selam dengan memberikan pertolongan pertama atas dukungan medis terhadap kru kapal selam yang berhasil diselamatkan.

Setelah ini, Indonesia akan menjadi operator SRVS tercanggih di kawasan, mendongkrak kemampuan dan kesiapan tempur armada kapal selam Indonesia, serta menjamin keselamatan kru yang mengoperasikannya.

RI Borong 24 Jet Tempur F-15EX dari Boeing AS, Tercanggih di Dunia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini