Indonesia-Tiongkok Berkolaborasi untuk Tingkatkan Pengembangan Bendungan

Indonesia-Tiongkok Berkolaborasi untuk Tingkatkan Pengembangan Bendungan
info gambar utama

Pada kunjungannya untuk menghadiri World Water Congress XVIII di Beijing, China (RRT), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, yang menjadi perwakilan Indonesia, menyelenggarakan pertemuan bilateral yang signifikan dengan Menteri Sumber Daya Air China, Li Guoying, pada tanggal 11 September 2023.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Basuki mengulas beragam peluang kerjasama dan kolaborasi yang bisa dijajaki bersama pemerintah China, khususnya dalam hal pembangunan infrastruktur sumber daya air, dengan fokus utama pada proyek-proyek bendungan.

“Pemerintah China hingga akhir tahun 2022 tercatat telah memiliki sekurangnya 98.000 bendungan. Dan hal ini sebagai contoh baik bagi Indonesia sebagai salah satu upaya mencapai swasembada pangan,” kata Menteri Basuki sebagimana dikutip dari keterangan tertulis

Lebih lanjut, Menteri Basuki juga mengatakan hal tersebut menjadi salah satu contoh yang baik untuk Indonesia dalam mewujudkan misi untuk swasembada pangan.

Mengenai hal tersebut, Menteri Basuki juga mengundang Pemerintah China untuk merencanakan kunjungan lapangan dan melihat secara langsung tiga lokasi pembangunan bendungan besar di Indonesia, yakni Jenelata di Sulawesi Selatan, Riam Kiwa di Kalimantan Selatan, serta Pelosika di Sulawesi Tenggara.

“Pemerintah Indonesia ingin Pemerintah China memastikan kualitasnya, dan juga mengeksplor teknologi dan inovasi yang dapat diterapkan dalam pengembangan bendungan di Indonesia,” tambah Menteri Basuki.

Menteri Basuki juga mengundang Pemerintah China untuk aktif berpartisipasi dalam World Water Forum ke-10, forum terkemuka dalam bidang Sumber Daya Air, yang akan diselenggarakan di Bali, Indonesia pada tahun 2024 mendatang.

Tanggapan yang diberikan oleh Li Guoying, Menteri Sumber Daya Air China, mengatakan bahwa China bersedia untuk berkolaborasi dalam upaya manajemen air berkelanjutan, mengakui bahwa hal ini memiliki dampak yang signifikan pada aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

“Kami juga mengucapkan selamat dan sukses kepada Indonesia atas penyelenggaraan World Water Forum ke-10 tahun depan. Pemerintah China tentu akan berpartisipasi aktif dan mengirimkan delegasi dalam jumlah besar untuk mengikuti World Water Forum ke-10,” tandas Menteri Sumber Daya Air China tersebut.

Mengenal Waduk Cirata, Bendungan Buatan Terbesar se-Asia Tenggara

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini