Uji Coba Gratis KCJB Dimulai, Warga Sekitar Jalur Dapat ‘Bangku Pertama’

Uji Coba Gratis KCJB Dimulai, Warga Sekitar Jalur Dapat ‘Bangku Pertama’
info gambar utama

PT Kereta Cepat Indonesia China (PT KCIC) mulai menjalankan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) gratis untuk masyarakat umum hari ini, Jumat (15/9/2023). Operasi ini akhirnya terlaksana setelah Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mengeluarkan Surat Persetujuan Uji Coba Operasi Terbatas KCJB pada Kamis (14/9).

Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa mengatakan, uji coba gratis untuk publik akan berlangsung hingga 30 September 2023. Warga yang tinggal di sekitar jalur lintas kereta cepat menjadi penumpang pertama yang diutamakan untuk menjajal kereta cepat pada tahap awal.

Hal itu disebutnya sebagai bentuk apresiasi KCIC terhadap peran masyarakat sekitar jalur yang selama ini memberikan dukungan terhadap pembangunan kereta cepat.

“Proses pembangunan tidak akan bisa berjalan mulus tanpa dukungan yang baik dari masyarakat di sekitar jalur,” ucap Eva dalam keterangan tertulis, Jumat.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung punya 16 Gerbong, Bisa Angkut 1.202 Orang

Dia kemudian menjelaskan, KCIC telah melakukan pendataan dan terdapat 98 desa/kelurahan dari 32 kecamatan yang tersebar di 9 kota/kabupaten di sepanjang jalur kereta cepat. Para warga secara bergiliran akan menikmati perjalanan bersama KCJB dengan pengaturan keberangkatan khusus.

Sementara itu, kata Eva, pendaftaran untuk masyarakat luas akan dibuka Sabtu besok (16/9/2023). Informasi selengkapnya mengenai tautan pendaftaran, cara daftar, persyaratan, dan lainnya, bakal diumumkan secara resmi melalui saluran informasi KCIC, termasuk akun Instagram @keretacepat_ID.

Eva mengungkapkan, selama masa uji coba, akan tersedia 4 jadwal keberangkatan setiap hari. Masing-masing penumpang akan pulang pergi (PP) dari Stasiun Halim ke Tegalluar dan sebaliknya, sehingga terdapat 8 perjalanan kereta cepat setiap hari.

“Selama masa uji coba setiap harinya akan terdapat sekitar 2.200 ketersediaan tempat duduk,” paparnya.

Canggih! Teknologi Ini Bikin Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tak Berisik Saat Melintas

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini