Semerbak Aroma Minyak Cengkeh Memikat Pasar Belanda

Semerbak Aroma Minyak Cengkeh Memikat Pasar Belanda
info gambar utama

Aroma minyak cengkeh dari Indonesia semerbak sampai ke Negeri Kincir Angin, Belanda. Minyak yang berasal dari penyulingan daun, bunga, dan batang kering pohon cengkeh dikenal memiliki banyak khasiat.

Dilansir dari Detikcom, Senin (18/9), ketua Lembaga Desa Negeri Oma Maluku Hetharia Adolf Stevanus mengungkapkan bahwa minyak cengkeh menarik perhatian banyak pembeli dari berbagai daerah hingga di mancanegara.

“Selain di Indonesia sudah ada beberapa orang dari negeri Belanda mengambil hasil produksi saya. (Tanggal) 27–28 ini mereka akan tiba ke Maluku, Ambon itu, mereka akan tiba di rumah produksi saya,” kata Adolf.

Melalui Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan, dan Energi Terbarukan (LIKE), pada 16–18 September 2023, rumah produksi minyak cengkeh yang berbasis di Ambon itu semakin siap memperluas penjualan dari Jakarta Papua, hingga Belanda.

Ekspor ke 35 negara

Sementara itu, minyak cengkeh yang diproduksi di Purwokerto melalui PT Indesso Aroma sebelumnya telah dipasarkan ke 35 negara sebanyak 2.000–2.500 ton per tahunnya. Perusahaan yang disebut jadi ‘penguasa’ minyak cengkeh ini bahkan meraih pertumbuhan ekspor di atas 30 persen dalam tiga tahun terakhir.

Dengan berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh seperti mengobati sakit gigi, pegal-pegal, hingga gatal-gatal, tak heran minyak cengkeh selalu banjir peminat. Adapun negara-negara yang jadi tujuan ekspor minyak cengkeh Indonesia di antaranya adalah Amerika Serikat, Meksiko, Brazil, Belgia, Belanda, Irlandia, Australia, dan Selandia Baru.

Dilansir dari SWA, Senin (18/9), Business Development Manager PT Indesso Aroma, Arianto Mulyadi, mengatakan pihaknya akan selalu fokus untuk melakukan riset demi pengembangan kualitas produk minyak cengkeh yang diproduksinya.

Produksi Cengkeh Indonesia Diperkirakan Membaik Tahun Ini

Jadi rebutan dunia

CNBC Indonesia, Senin (18/9), menyebut minyak atsiri sebagai salah satu ‘harta karun’ terpendam yang jadi rebutan dunia. Berdasarkan Kementerian Perindustrian, Indonesia mampu memasok 90 persen bahan baku minyak atsiri jenis nilam yang banyak digunakan untuk membuat parfum.

Produksi minyak atsiri Indonesia dikatakan mampu mencapai 5.000–6.000 ton per tahun. Terdapat 12 jenis minyak atsiri yang telah memenuhi standar kualitas ekspor, salah satunya adalah minyak cengkeh.

Selain minyak cengkeh, beberapa jenis minyak atsiri yang telah memenuhi standar ekspor adalah minyak kayu manis, minyak akar wangi, minyak cendana, minyak kemukus, minyak nilam, minyak kenanga, minyak pala, dan minyak kayu putih.

Romantika Cengkeh: Berikan Semerbak Aroma Kesejahteraan di Minahasa

Referensi:

CNBC Indonesia. Harta Karun Terpendam RI yang Jadi Rebutan Dunia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20220928085449-4-375514/harta-karun-terpendam-ri-yang-jadi-rebutan-dunia/2

Detik.com. Sedapnya Aroma Minyak Cengkeh Maluku hingga Tembus Pasar Belanda. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6934586/sedapnya-aroma-minyak-cengkeh-maluku-hingga-tembus-pasar-belanda

SWA. Indesso Raja Minyak Cengkeh Asal Purwokerto. https://swa.co.id/swa/listed-articles/indesso-raja-minyak-cengkeh-asal-purwokerto-2

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini