Kantor Presiden IKN Selesai 2024, Bilah Modul Burung Garuda Sudah Dipasang

Kantor Presiden IKN Selesai 2024, Bilah Modul Burung Garuda Sudah Dipasang
info gambar utama

Kantor Presiden di IKN, termasuk bilah burung garuda yang berlokasi di belakangnya akan rampung pada tahun 2024. Nantinya, bangunan yang dirancang oleh Nyoman Nuarta ini akan menjadi sebuah ikon yang merepresentasikan IKN sebagai pusat pemerintahan yang baru dengan nilai-nilai Pancasila.

Presiden Joko Widodo menegaskan seluruh tahap pembangunan di Kawan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di IKN Nusantara akan dilaksanakan sesuai dengan rencana awal, termasuk dalam hal penyelesaian waktu.

“Semua sesuai rencana. Saya kira bangunan-bangunan seperti Kantor Presiden, Istana Presiden, maupun Kantor Kementerian semuanya sudah berjalan sesuai target,” kata Presiden Jokowi dikutip dari keterangan

Pada 22 September 2023 kemarin, Presiden Jokowi turut serta dalam seremoni peresmian dengan memasang sekrup pada modul bilah selubung Garuda. Modul bilah ini akan membentuk sayap burung garuda yang akan menjadi elemen depan dari gedung kantor presiden.

Proyek Istana Negara-Lapangan Upacara di IKN Telan Dana Rp1,34 Triliun

Optimis selesai 2024

Presiden Jokowi juga yakin semua infrastruktur di Kawan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) akan terselesaikan tepat waktu. Targetnya, semua fasilitas tersebut akan dapat digunakan pada tanggal 17 Agustus 2024, sesuai dengan tujuan awalnya. Dengan proses yang berjalan memuaskan, saat ini progress pembangunan Kantor Presdien sudah mencapai 38%.

Diana Kusumastuti selaku Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR pun mengonfirmasi proyek pembangunan gedung kantor presiden di IKN telah diselesaikan oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya, dengan tingkat kemajuan fisik mencapai 38%.

Sejalan dengan keyakinan Presiden, Kementerian PUPR memiliki target menyelesaikan pembangunan Kantor Presiden sebelum bulan Agustus 2024.

"Kami berharap pada bulan Agustus 2024, Pemerintah Indonesia akan siap untuk melaksanakan upacara," ujar Diana.

Menurut Diana, Kementerian PUPR telah memulai pemasangan bilah-bilah garuda, dengan harapan pekerjaan ini dapat terselesaikan pada bulan Maret 2024. Proses ini melibatkan 465 modul, di mana setiap modul terdiri dari 10 bilah garuda. Dengan demikian, keseluruhan proyek melibatkan pemasangan sebanyak 4.650 bilah garuda di gedung kantor presiden.

Rozali Indra Saputra, Kepala BPPW Kalimantan Timur, menjelaskan bahwa pembangunan gedung kantor presiden telah dimulai oleh Kementerian PUPR sejak bulan November 2022. PT PP - Wika KSO ditunjuk sebagai kontraktor utama yang bertanggung jawab atas pelaksanaan konstruksi ini.

"Total anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan gedung kantor presiden mencapai Rp1,56 triliun dan bersumber dari APBN," jelas Indra.

Taksi Terbang Akan Jadi Angkutan Umum di IKN, Tarifnya Kira-kira Segini

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini