Mengenal Klebelsberg Konyvtar, Perpustakaan Terbesar di Eropa Tengah

Mengenal Klebelsberg Konyvtar, Perpustakaan Terbesar di Eropa Tengah
info gambar utama

Klebelsberg Könyvtár merupakan sebuah perpustakaan yang terletak di Kota Szeged, Hungaria. Perpustakaan ini juga sering disebut sebagai SZTE Klebelsberg Library. SZTE sendiri merupakan akronim dari Szegedi Tudományegyetem atau Universitas Szeged.

Namun, jangan salah! Klebelsberg bukanlah perpustakaan kampus biasa. Lebih dari itu, Klebelsberg merupakan perpustakaan terbesar di daratan Eropa Tengah. Dengan koleksi buku dan dokumen yang beragam, Klebelsberg juga memiliki segudang fasilitas yang membuatnya jadi rujukan nomor satu bagi para mahasiswa untuk belajar dan mencari referensi akademik. Penasaran? Berikut ulasan selengkapnya!

Sejarah Klebelsberg Könyvtár

Sejarah perpustakaan ini bermula sejak perjanjian perdamaian Perang Dunia I, yakni ketika Universitas Franz Joseph di Romania dipindahkan sejenak ke Budapest, lalu ke Szeged pada tahun 1921.

Besarnya kapasitas perpustakaan yang tersedia digunakan untuk memuat kelebihan koleksi buku dari perpustakaan-perpustakaan besar di sekitar Szeged, seperti Perpustakaan Szechenyi dan Perpustakaan Universitas Budapest. Akhirnya, per Juli 1922, perpustakaan tersebut telah memuat lima puluh ribu koleksi.

Koleksi perpustakaan terus bertambah dengan adanya hibah dari para profesor dan kolektor. Sementara itu, ruang baca secara resmi dibuka pada tahun 1924. Seratus bangku tersedia bagi para pembaca setahun setelahnya. Pengembangan perpustakaan secara sistematis mulai berjalan sejak tahun 1945.

Selanjutnya, pada periode 1949–1952, perpustakaan di Szeged ini mulai menerima hibah koleksi besar dari biara Fransiskan Szeged dan koleksi pribadi dari keluarga Eszterházy. Barulah pada tahun 1960-an, buku-buku dari luar negeri mulai meramaikan koleksi perpustakaan. Awal era 90-an juga membawa perkembangan cukup signifikan, yakni ketika pihak perpustakaan mengembangkan sistem perpustakaan yang teringegrasi sehingga koleksi-koleksinya dapat diakses melalui katalog online.

Beranjak lebih cepat, perpustakaan yang tadinya dikenal dengan sebutan Perpustakaan Universitas Szeged tersebut berganti nama menjadi Perpustakaan Klebelsberg (Klebelsberg Könyvtár) pada 11 November 2011. Nama tersebut diambil dari nama Mantan Menteri Agama dan Pendidikan Hungaria.

Baca juga: 5 Ide Program Perpustakaan Bisa Kamu Coba untuk Pemustaka

Sebaran Koleksi Klebeslberg Könyvtár Saat Ini

Saat ini, perpustakaan yang ada di area Pusat Studi dan Informasi Universitas Szeged ini memiliki setidaknya tiga juta dokumen. 350 ribu di antaranya ada di rak-rak yang tersebar di empat lantai ruang baca. Seluruh pengguna perpustakaan dapat mengaksesnya.

Pada ground floor, Kawan dapat menemukan kafetaria, ruang loker, vending machine, serta meja informasi. Beberapa rak berisi majalah juga tersedia di lantai paling dasar ini. Di sini, Kawan perlu melakukan scan kartu perpustakaan untuk bisa menjelajah lebih jauh.

Naik ke lantai satu, terhampar puluhan komputer yang juga bisa diakses para pengunjung perpustakaan. Area ini merupakan area yang menghimpun koleksi di bidang ilmu-ilmu sosial.

Selanjutnya, lantai dua merupakan ruangan untuk menemukan bacaan di bidang sejarah. Khusus bahasa dan literatur asli Hungaria dapat ditemukan di lantai tiga yang juga punya area khusus untuk para mahasiswa yang ingin belajar secara berkelompok.

Lantai paling atas Perpustakaan Klebelsberg, yakni lantai keempat, memuat bacaan-bacaan di bidang ilmu alam dan matematika. Tentu ada juga berbagai referensi ilmu medis yang pastinya sangat membantu Kawan yang senang belajar ilmu-ilmu eksakta dan saintifik.

Fasilitas Perpustakaan yang Super Lengkap

Selain koleksi buku yang melimpah, Perpustakaan Klebelsberg memiliki berbagai fasilitas penunjang yang membuat para pengunjungnya betah berlama-lama. Seperti halnya perpustakaan pada umumnya, tentu ada meja serta bangku yang tersebar di berbagai penjuru.

Ada pula jaringan wi-fi gratis dengan kecepatan yang memadai, serta layanan digitalization yang memungkinkan dosen, peneliti, maupun akademisi mendapatkan versi digital dari koleksi perpustakaan.

Saking bikin betahnya, perpustakaan ini bahkan menyediakan selimut bagi para pengunjung yang kedinginan saat belajar. Tentu, setelah selesai dipakai, harus dikembalikan lagi ke tempat semula, ya!

Baca juga: Perpustakaan Universitas Sciences Po, Jadi Rujukan Cari Referensi Ilmu Sosial di Eropa!

Demikianlah ulasan lengkap mengenai Perpustakaan Klebelsberg di Hungaria. Ternyata, perpustakaan dengan fasilitas lengkap dan megah turut jadi faktor pendukung bagi semangat belajar orang-orang yang menggunakannya. Bagaimana? Apakah Kawan tertarik berkunjung?

Sumber referensi:

  • https://www.ek.szte.hu/homepage/about/about-the-library/history/
  • https://www.ek.szte.hu/homepage/using-the-library/wifi/
  • https://u-szeged.hu/prospective-students/klebelsberg-library/klebelsberg-library

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini