Daerah di Jogja dengan Kuliner Ramah Kantong Mahasiswa

Daerah di Jogja dengan Kuliner Ramah Kantong Mahasiswa
info gambar utama

Selain terkenal sebagai Kota Pelajar, Jogja juga terkenal sebagai kota yang murah biaya hidupnya. Karena itulah, banyak orang meminati melanjutkan kuliahnya di Jogja untuk mendapatkan biaya yang terjangkau.

Tentu biaya hidup yang terjangkau sangat penting untuk mahasiswa, apalagi untuk menghemat pengeluaran uang bulanan yang tidak banyak. Walaupun memang relatif murah, sebagian daerah di Jogja menawarkan biaya hidup yang relatif lebih murah daripada rata-rata di Jogja. Kira-kira, di daerah mana saja Kawan bisa mendapatkan harga terbaik dalam berkuliner ria selama tinggal di Jogja?

1. Daerah Pogung

Daerah Pogung terletak di dekat cluster fakultas teknik UGM sampai sekitar perempatan Kentungan. Daerah ini terkenal sebagai salah satu daerah tempat anak-anak UGM nge-kos. Alasan kenapa daerah Pogung digemari sebagai daerah untuk tinggal tidak hanya karena lokasinya strategis dan dekat dengan kampus, melainkan juga karena daerah ini terkenal memiliki berbagai warung makan sampai restoran yang murah harganya.

Pogung memiliki banyak Warmindo atau Burjo yang biasa menjadi andalan mahasiswa mengisi perutnya sehari-hari. Harga makanan di Warmindo tentulah murah. Misal, harga nasi goreng pada salah satu Warmindo di Pogung hanya dipatok sebesar Rp7 ribu saja. Harga yang sama juga berlaku pada menu magelangan.

Selain Warmindo, banyak restoran-restoran yang tidak kalah murahnya. Di antara restoran itu ada restoran penyetan dan aneka menu ayam yang bisa menjadi opsi berkuliner yang hemat biaya.

Di sisi lain, bagi mahasiswa yang ingin menyelesaikan tugas atau skripsinya dapat dengan mudah menemui cafe-cafe yang tersebar di sekitar daerah Pogung. Walau harga menunya tidak mesti murah, masih ada beberapa cafe yang mematok harga murah. Untuk kopi saja, Rp5 ribu sudah cukup untuk menemani Kawan berlama-lama kongkow.

Baca juga: Jadi Lebih Adem! Ini 5 Tanaman Hias untuk Kamar Kos

2. Sewon

Jika Pogung di Kabupaten Sleman, maka Sewon terletak di Kabupaten Bantul. Sewon adalah kecamatan tempat ISI Yogyakarta berada. Karenanya, banyak mahasiswa ISI Yogyakarta yang menetap di daerah ini.

Daerah yang berjuluk “Sewonderland” ini terkenal dengan biaya hidup yang murah. Rata-rata, Kawan dapat menemukan kos seharga Rp500 ribu per bulan. Walaupun begitu, kos paling murah dipatok hanya Rp300 ribu per bulan saja!

Di sisi lain, harga makanan di daerah ini terkenal murah, sebelas dua belas dengan Pogung. Ketika Kawan berjalan-jalan di daerah ISI Yogyakarta, Kawan dapat menemukan banyak jajanan-jajanan jalanan, seperti jagung bakar, aneka minuman es, takoyaki, dan lain sebagainya.

3. Klebengan

Klebengan terletak di pinggir UGM mepet UNY. Oleh karena itu, tempat ini menjadi tempat nge-kos baik anak UNY maupun UGM. Klebengan menjadi primadona mahasiswa dari kedua kampus itu untuk mencari kuliner.

Kuliner menjamur di Klebengan. Setiap hari, Kawan dapat makan di food court GOR Klebengan. Dalam food court ini, Kawan dapat menemukan berbagai makanan dari berbagai pedagang.

Agar mendapatkan menu lengkap di GOR Klebengan, sebaiknya Kawan datang pada malam hari karena pada waktu itu semua pedagang sudah menjajakan makanannya. Pada malam itu pula, terdapat bazar jajanan yang buka di depan GOR. Stan jajanan itu menjual berbagai hidangan yang memanjakan lidah.

Daerah ini juga memiliki beragam cafe-cafe murah ramah kantong mahasiswa, sama seperti yang ada di Pogung.

Baca juga: PLTS ITERA: Mendukung Transisi Energi Bersih di Lingkungan Kampus

4. Sekitar Terminal Condong Catur

Sedikit jauh dari daerah kampus, daerah di sekitar Terminal Condong Catur menjadi tempat lain banyak orang nge-kos – walau tidak sebanyak di daerah-daerah sebelumnya. Bagi mahasiswa, daerah ini memang kurang strategis. Walaupun begitu, daerah di sekitar Terminal Condong Catur menjadi tempat beragam kuliner dan cafe murah.

Banyak cafe murah yang tersebar di sekitar terminal. Cafe-cafe ini dibandrol dengan harga Rp8 ribu—Rp20 ribuan saja. Walau tidak dekat dengan kampus, daerah terminal dekat dengan Jalan Effendi yang menyajikan banyak restoran atau toko-toko kebutuhan kos murah.

5. Kampus I UPN dan Sekitarnya

Kampus I UPN terletak di pinggir Jalan Ring Road Utara. Di sekitar daerah ini, juga terdapat kampus lain, seperti Amikom dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UII. Oleh karena itu, daerah ini strategis bagi mahasiswa, sehingga menjamur kos di daerah ini.

Walau terkesan mewah karena terdapat banyak restauran mahal dan ramai di daerah ini, masih terdapat banyak lokasi makan murah yang dapat dikunjungi mahasiswa. Karena itu, daerah ini masih ramah untuk kantong mahasiswa.

Sebagaimana daerah-daerah sebelumnya, terdapat banyak Warmindo yang menjadi opsi termurah makan bagi mahasiswa. Banyak pula cafe di daerah ini, sebagian di antaranya memiliki harga sepadan seperti yang disebutkan di atas.

Selain daerah-daerah di atas, di mana lagi daerah yang menjadi pilihan tepat bagi mahasiswa untuk berkuliner dengan harga murah?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LG
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini