Film Orpa Produksi Anak Papua Raih Penghargaan di Festival Film Amerika Serikat

Film Orpa Produksi Anak Papua Raih Penghargaan di Festival Film Amerika Serikat
info gambar utama

Film karya anak bangsa Papua meraih penghargaan khusus dalam Middlebury New Filmmakers Festival di Amerika Serikat. Film berjudul “Orpa” ini mengangkat kisah perjuangan gadis Papua dalam mengejar mimpinya.

Dilansir dari Kompas.tv, Senin (2/10), Film Orpa terpilih dari 510 film yang mendaftarkan diri pada Middlebury New Filmmakers Festival. Adapun sutradara dari film ini adalah Theo Rumansara, sineas asli Papua, yang juga menjadi penggarap naskahnya.

Sebelum diangkat ke layar lebar pada 7 September 2023 lalu, film Orpa merupakan film hasil program sayembara yang bertajuk “Jendela Papua” oleh Qun Films. Film ini juga telah menjelajahi berbagai festival film internasional seperti Cinema Asian Film Festival 2023.

Film bergenre drama tersebut juga tampil pada Bali International Film Award ke-16 dan Zabaikalsky International Film Festival, hingga memperoleh penghargaan dari American-Indonesian Educational Foundation (AIECEF).

Band Rock 70-an Asal Palembang Isi Soundtrack Film Hollywood “The Creator”

Dibintangi anak-anak Papua

Orsila Murib saat memerankan Orpa
info gambar

Film Orpa yang diproduksi oleh Qun Films, dibuat dan dibintangi oleh anak-anak Papua, yaitu Orsila Murib, Arnold Kobogau, Otiana Murib serta aktor Michael Kho dari Jakarta. Film ini mengisahkan gadis Papua yang berjuang mengejar pendidikan.

Gadis bernama Orpa–singkatan Orang Papua–itu dikisahkan sebagai seorang anak perempuan yang hidup di tengah kentalnya budaya patriarki di tanah Papua. Orpa yang hendak dinikahkan secara paksa oleh ayahnya, memutuskan untuk melarikan diri demi meraih mimpinya bersekolah di kota Wamena.

Film Orpa tak hanya menarik dari segi cerita dan sinematiknya, melainkan juga kelahiran film ini sendiri. Dilansir dari Tempo, Senin (2/10), sang produser Axel Putra menceritakan bagaimana awal mula dirinya bertemu dengan Theo Rumansara hingga melahirkan kisah Orpa.

“Tahun 2020 saya dan tim mencari bakat-bakat perfilman melalui sayembara bernama Jendela Papua. Ada 300 sutradara dengan berbagai cerita menarik yang kami dapatkan. Sampai akhirnya kami bertemu Theo dengan cerita Orpa ini,” kata Axel.

Dengan ini, Orpa menjadi debut pertama bagi Theo sebagai sutradara sekaligus Orsila Munib yang memerankan sosok Orpa. Film Orpa pada gilirannya membawa misi agar masyarakat Papua semakin sadar akan pentingnya pendidikan untuk masa depan.

7 Rekomendasi FIlm Indonesia tentang Meraih Mimpi yang Inspiratif

Referensi:

  • Kompas.tv. Orpa, Film yang Bawa Anak Bangsa Asal Papua Raih Prestasi di Middlebury New Filmmakers Festival AS. https://www.kompas.tv/video/441014/orpa-film-yang-bawa-anak-bangsa-asal-papua-raih-prestasi-di-middlebury-new-filmmakers-festival-as
  • Tempo.co. Film Orpa Karya Sineas Papua Tayang di 22 Kota Mulai Hari Ini. https://seleb.tempo.co/read/1769364/film-orpa-karya-sineas-papua-tayang-di-22-kota-mulai-hari-ini

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini