Industri Perhiasan RI Makin Berkilau, Nilai Ekspor Capai 3 Miliar Dolar AS

Industri Perhiasan RI Makin Berkilau, Nilai Ekspor Capai 3 Miliar Dolar AS
info gambar utama

Produk perhiasan dalam negeri semakin berkilau di kancah global. Hal ini ditandai dari nilai ekspor yang mencapai 3,1 miliar dolar AS pada periode bulan Januari–Juli 2023, dengan neraca perdagangan masih surplus 3 miliar dolar AS.

Dikutip dari kemenperin.go.id, market share ekspor perhiasan dan barang berharga Indonesia ke dunia pada 2022 mencapai 1,6 persen sehingga menempatkannya di urutan ke-17 sebagai eksportir terbesar untuk komoditas tersebut.

“Market share ini naik dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 1,2 persen. Hal ini menunjukkan bahwa industri perhiasan Indonesia masih memiliki peluang untuk terus tumbuh dan berkembang dalam meningkatkan pangsa pasarnya,” kata Reni Yunita, Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian.

Produk UMKM RI Sukses Pukau Pengunjung di Pameran Perhiasan Singapura

Surabaya International Jewellery Fair

Surabaya International Jewellery Fair
info gambar

Kinerja industri perhiasan perlu dipacu untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat di era globalisasi dan perkembangan teknologi. Oleh karena itu, industri perhiasan harus memiliki nilai tambah dan daya saing yang tinggi.

yang digelar pada 28 September–1 Oktober lalu menjadi salah satu upaya untuk memperluas akses pasar produk industri perhiasan dalam negeri. Setidaknya ada 20 pelaku industri perhiasan berpartisipasi menampilkan berbagai produk unggulannya.

Reni menilai penyelenggaraan Surabaya International Jewellery Fair 2023 dapat mendukung pertumbuhan industri perhiasan di dalam negeri. Pihaknya pun berharap agar pameran ini menjadi platform untuk membangun jaringan bisnis yang kuat dan mempromosikan produk perhiasan Indonesia ke tingkat internasional.

10 Negara Tujuan Ekspor Perhiasan Terbesar Indonesia 2021

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini