9 Tempat Wisata Dengan Nama Unik di indonesia, Namanya di Luar Nalar!

9 Tempat Wisata Dengan Nama Unik di indonesia, Namanya di Luar Nalar!
info gambar utama

Indonesia, sebagai negara yang kaya akan keindahan alamnya, juga dikenal memiliki sejumlah nama tempat wisata yang sangat unik dan kadang-kadang mengundang senyum. Dari Jawa Timur hingga Sumatra, berikut adalah beberapa nama tempat wisata aneh di Indonesia yang mungkin membuat Kawan tersenyum ketika mendengarnya.

1. Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo | Sumber foto: travelpromo
info gambar

Air Terjun Kakek Bodo, yang terletak di Pasuruan, Jawa Timur, memiliki nama yang unik. Konon, nama ini berasal dari seorang kakek pengabdi keluarga Belanda yang meninggalkan semua fasilitas enaknya dan bersemedi di tempat tersebut. Pada saat dibujuk untuk kembali bekerja si kakek menolaknya. Sontak, untaian kalimat umapatan 'kakek bodoh' pun keluar dari mulut kelaurga Belanda.

2. Air Terjun Siluman

Air Terjun Siluman | Pesisir.Net
info gambar

Air Terjun Siluman yang terletak di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Langkat, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, ini mendapat nama siluman karena kadang-kadang air terjun ini muncul, tetapi kadang juga menghilang, memberikan kesan seperti misteri yang tersembunyi. Meskipun terkesan misteri air Terjun satu ini memiliki keindahan yang mengagumkan, lho!

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Akan Tingkatkan Pergerakan Wisatawan

3. Bukit Bego

Sunset di Bukit Bego | Sumber foto Instagram bukit.bego
info gambar

Di Bantul, Yogyakarta, terdapat Bukit Bego, yang nama anehnya sebenarnya tidak berarti bodoh. "Bego" diambil dari nama alat berat yang digunakan untuk memperbaiki bukit batu tersebut. Bukit ini menjadi tempat yang cocok untuk menikmati indahnya matahari terbenam dengan latar luasnya laut selatan.

4. Candi Asu

Candi Asu | Sunber foto instagram netgeoindonesia
info gambar

Candi Asu, yang terletak di Jawa Tengah, memiliki nama yang menarik perhatian. "Asu" dalam bahasa Jawa berarti anjing, dan candi ini dinamai demikian karena arca lembu Nandi yang ada di kompleks candi menyerupai anjing.

5. Dusun Gendeng

Pengraji Wayang Kulit di Dusun Gendeng | sumber foto instagram arkhipelagos
info gambar

Dusun Gendeng di Bantul, Yogyakarta. Meskipun tempat ini bernama Gendeng, bukan berarti tempat ini dihuni oleh orang-orang gila, namanya mungkin mengecoh. Tapi jangan salah, Dusun ini terkenal sebagai penghasil wayang kulit berkualitas dan masyarakatnya merupakan para pembuat wayang.

Baca juga: Pergi ke Phuket? Siap-siap Bertemu dengan Kerumunan Wisatawan di Destinasi Terpadat Dunia

6. Green Kenyot

Green Kenyot di Lembang Bandung | Sumber foto: tourbandung.id
info gambar

Di Bandung, Jawa Barat, ada sebuah tempat wisata yang sering disebut sebagai Green Canyon karena terdapat dua tebing tinggi yang mirip dengan Green Canyon di Pangandaran. Namun, karena pengucapan "Green Canyon" dianggap sulit, masyarakat setempat memanggilnya "Green Kenyot."

7. Gua Pocong

Gua Peden atau Gua Peden di Pacitan | sumber foto sampaijauh.com
info gambar

Mendengarnya saja sudah menakutkan, apalagi kalau langsung melihatnya, tapi Kawan jangan khawatir, Gua Pocong yang berada di Pacitan, Jawa Timur, diberi nama demikian karena di dalamnya terdapat batu-batu yang bentuknya menyerupai hantu pocong, makhluk misterius dalam kebudayaan Indonesia. Goa ini terbilang masih asri dan alami, karena masih belum terjamah oleh banyak wisatawan.

8. Pantai Kutang

Spot Jembatan di Pantai Kutang | Sumber foto instagram
info gambar

Pantai Kutang, yang berada di Lamongan, Jawa Timur, memiliki nama yang unik karena dalam bahasa Jawa, "kutang" berarti pakaian dalam. Pantai ini dinamai demikian karena dulu sering ditemukan bra yang berserakan di pantai ini, sehingga merujuk pada pakaian dalam. Tidaj sejorok namanya, pantai ini memiliki pemandangan yang indah, serta ombak yang tenang untuk bisa dinikmati bersama keluarga.

Baca juga: Sekeping Surga di Pulau Bawean Jawa Timur

9. Pantai Sandal Jodoh

Pantai Sandal Jodoh | Sumber foto curugsewu.com
info gambar

Terakhir, ada Pantai Sandal Jodoh di Bengkulu. Nama aslinya adalah Pantai Tapak Paderi, tetapi karena terdapat banyak sandal yang menempel pada dinding-dinding pantai ini, maka disebut Pantai Sandal. Kata "jodoh" ditambahkan untuk menarik minat wisatawan. Bagi Kawan yang sedang mencari jodoh, mungkin objek wisata ini patut coba di datangi.

Itulah beberapa nama tempat wisata aneh yang dapat Kawan temui di Indonesia. Mungkin Kawan pernah mengunjungi salah satunya? Dalam segala keanehan namanya, tempat-tempat ini masih memiliki pesona dan cerita menarik yang siap untuk dijelajahi oleh para pengunjung yang ingin mengalami keunikan budaya Indonesia.


Sumber referensi:

  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230131102725-275-906910/9-nama-tempat-wisata-aneh-di-indonesia-kocak-bange
  • https://www.sinergipapers.com/travelling/2879544892/7-tempat-wisata-aneh-di-indonesia-yang-bakal-bikin-kamu-ngakak-guling-guling

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini