Asian Games 2022 Tuntas, Giliran Atlet Difabel Indonesia Beraksi di Asian Para Games 2022

Asian Games 2022 Tuntas, Giliran Atlet Difabel Indonesia Beraksi di Asian Para Games 2022
info gambar utama

Asian Games 2022 telah resmi berakhir. Ini sekaligus menandakan akan segera dimulainya Asian Para Games 2022.

Asian Para Games adalah ajang olahraga yang ditujukan untuk atlet-atlet difabel dari berbagai penjuru Asia. Untuk tahun ini, Asian Para Games akan digelar di Hangzhou, China pada 22 hingga 28 Oktober 2023 . Meski memakai embel-embel "2022", Asian Games 2022 baru digelar tahun ini karena tahun lalu China masih dilanda kasus Covid-19.

Asian Para Games 2022 ini bersiap diselenggarakan seiring dengan berakhirnya Asian Games 2022 yang juga digelar di Hangzhou.

Asian Games 2022 telah ditutup pada Minggu (8/10/2023). Indonesia sendiri mengoleksi total 36 medali yang terdiri dari 7 emas, 11 perak, dan 18 perunggu. Koleksi medali ini sekaligus menempatkan Indonesia di posisi ke-13 klasemen akhir.

Tren Positif Para Badminton Indonesia Berlanjut, Gelar Juara Diborong dari Australia

Indonesia di Asian Para Games 2022

Indonesia telah mempersiapkan diri untuk menyambut Asian Para Games 2022. National Paralympic Committee (NPC) Indonesia telah mengantongi daftar nama atlet yang akan diberangkatkan ke Hangzhou.

Sebanyak 130 atlet baik putra maupun putri akan berangkat untuk mewakili Indonesia. Mereka dijadwalkan berada di Hangzhou pada 16 hingga 29 Oktober mendatang di bawah pimpinan Angela Tanoesoedibjo selaku Chief de Mission (CdM).

"NPC Indonesia dengan membawa 130 atlet baik putra maupun putri yang akan diberangkatkan ikuti 12 cabang olahraga ke Asian Para Games Hangzhou China," ujar Wakil Sekjen NPC Indonesia Rima Ferdianto seperti dilansir ANTARA.

Indonesia akan mengikuti 12 cabang olahraga di Asian Para Games 2022. Ke-12 cabor tersebut adalah atletik, renang, angkat berat, badminton, balap sepeda, menembak, judo, boccia, catur, lawnball, panahan, dan tenis meja.

Rifda Irfanaluthfi, Atlet Senam Indonesia Pertama yang Lolos ke Olimpiade

Memasang Target

Para atlet Indonesia sejauh ini telah mempersiapkan diri lewat serangkaian agenda latihan. Persiapan ini ditempuh demi memenuhi target yang dipasang.

Target Indonesia di Asian Para Games 2022 adalah masuk peringkat 10 besar dan mendapatkan 20 medali emas. Harapannya, cabor-cabor unggulan seperti badminton, lawnball, balap sepeda, dan catur jadi penyumbang utama medali.

"Karena, kalau seperti cabang olahraga tenis meja dan yang lainnya dengan adanya tuan rumah China sangat berat. Kita berhadapan dengan juara dunia, sehingga, mayoritas medali akan direbut oleh China. Kita tinggal negara-negara lain di Asia harus bisa memanfaatkan atau menspesialisasi. Jadi kita harus bisa memaksimalkan spesialisasi untuk bisa mendapatkan emas di China," kata Rima Ferdianto.

Desak Made Rita Kusuma Dewi, Raih Medali Emas di Asian Games 2023, dan Catatkan Rekor Baru

Referensi:

  • https://m.antaranews.com/berita/3762570/npc-indonesia-bakal-berangkatkan-130-atlet-ke-asian-para-games-china

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini