Desak Made Rita Kusuma Dewi, Raih Medali Emas di Asian Games 2023, dan Catatkan Rekor Baru

Desak Made Rita Kusuma Dewi, Raih Medali Emas di Asian Games 2023, dan Catatkan Rekor Baru
info gambar utama

Desak Made Rita Kusuma Dewi, berhasil membawa pulang emas di ajang Asian Games 2023 China kategori perorangan dalam cabang olahraga panjat tebing pada Selasa, Oktober 2023.

Desak berhasil menambah perolehan medali emas lewat catatan waktu 6,364 detik, dengan mengalahkan tuan rumah Deng Lijuan yang mengukir waktu 6,435 detik. Medali perunggu juga berhasil didapatkan wakil Indonesia lainnya, Rajiah Salsabila, ia mengalahkan wakil China, Niu Di, dan membubukan waktu 6,879 detik.

Kemenangan Desak di Asian Games 2023 dipenuhi dengan sederet catatan manis. Bertanding di Shaoxing Keqiao Yangshan Sport Climbing Centre, Yangshan, China, Desak berhasil memecahkan rekor Asian Games yang ia bukukan sendiri berturut-turut sepanjang perlombaan.

Dari perempat final hingga final, Desak Made terus memecahkan rekornya sendiri sebanyak tiga kali dimana catatan waktunya terus membaik, dari sebelumnya 6,6 detik dan 6,5 detik. Sementara itu, tuan rumah Deng Li Juan tidak bisa berbuat banyak menghadapi kecepatan dari Desak Made.

Dengan dukungan penuh dari publik tuan rumah, Deng Li Juan harus puas dengan raihan medali perak setelah membubukan 6,435 detik. Medali perunggu di nomor speed puteri juga berhasil disabet oleh atlet panjat tebing Tanah Air lainnya, yakni Rajiah Salsabila.

Rajiah memenangi medali perunggu, dengan mengalahkan wakil China lainnya, Niu Di, yang terpeleset dan jatuh di pertengahan lomba. Rajiah sendiri berhak atas perolehan medali perunggu setelah mencetak waktu 6,879 detik.

Kitesurfing, Olahraga Ekstrem yang Surganya Ada di Bantul

Kabar Baik Tak Datang dari Sektor Putra

Namun, kabar baik tidak datang dari kategori speed putra, Veddriq Leonardo, pemilik rekor dunia harus menerima kegagalannya untuk melaju ke final, setelah terpeleset di semifinal. Tetapi Veddriq langsung menebus kesalahannya dengan membawa pulang medali perunggu dengan mengalahkan wakil tuan rumah, Wu Peng, dengan catatan waktu 4,955 detik.

Catatan waktu tersebut juga memecahkan rekor baru di ajang Asian Games yang telah ia cetak sendiri sebelumnya, dengan waktu 4,978 detik. Sedangkan medali emas berhasil diraih atlet asal Iran, Reza Ali Pur Shenazandi Fard dengan catatan waktu 5, 302 detik.

Atlet asal Iran tersebut berhasil mengalahkan wakil tuan rumah lainnya, yaitu Long Jin Bao yang terpeleset pada babak final sehingga harus puas dengan medali perak. Panjat tebing nomor speed berhasil memboyong tiga medali, 1 emas dan 2 perunggu, di Asian Games 2023.

Mengenal Sosok Desak Putri

Desak, yang berasal dari Pulau Dewata Bali, tepatnya di daerah Buleleng, telah menjalani perjalan panjat tebing sejak kecil. Namanya pun mulai dikenal ketiak ia berpartisipasi dalam kejuaraan junior panjat tebing pada tahun 2018.

Padel, Olahraga 'Kawin Silang' Bulu Tangkis, Tenis, dan Squash yang Akan Hadir di PON

Mengutip dari Tempo.com, ketika Desak berada di bangku kelas 2 SD, ia menemukan dinding panjat tebing di Taman Kota Singaraja, yang membuatnya tertarik pada olahraga ekstrem ini. Sejak saat itu,ac perempuan kelahiran 2022 ini telah dengan tekun mengembangkan bakatnya hingga mencapai prestasi luar biasa bagi Indonesia.

Menurut informasi dari laman Fpti.or,id, Desak telah mengukir berbagai prestasi yang menbanggakan bangsa Indonesia dalam kompetisi panjat tebing internasional. Salah satunya pada tahun 2021, ia mengikuti PON XX 2020 Papua dengan disiplin Speed Classic Tim Campuran dan berhasil meraih peringkat ke-6.

Lalu, pada tanggal 1 Oktober 2022, dia kembali berkompetisi dalam turnamen panjat tebing yang sama, kali ini dalam kategori Speed WR Putri, dan berhasil meraih posisi pertama. Dalam dalam kompetisi yang sama, dengan dengan kategori Combined Putri, Desak menduduki peringkat ke-4.

Selanjutnya, pada 19 Desember 2022, Desak ikut dalam KEJURNAS XVII di Bangka Tengah, berpartisipasi dalam kategori Speed WR Tim Putri dan Speed WR Putri, dengan masing-masing meraih juara ke-3 dan juara ke-1.

Mengenal Pound Fit, Olahraga yang Sedang Digandrungi Masyarakat Indonesia

Sumber referensi:

  • https://www.bolasport.com/read/313907743/asian-games-2022-desak-made-sabet-emas-usai-cetak-rekor-baru-china-merana-di-kandang?page=2
  • https://sport.tempo.co/read/1780062/hasil-asian-games-2023-kamis-pagi-5-oktober-perahu-naga-tambah-2-perak-buat-indonesia?tracking_page_direct

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini