Kitesurfing, Olahraga Ekstrem yang Surganya Ada di Bantul

Kitesurfing, Olahraga Ekstrem yang Surganya Ada di Bantul
info gambar utama

Kitesurfing merupakan salah satu olahraga yang biasa dimainkan di area sekitar pantai. Jika dilihat, kitesurfing tampak seperti olahraga yang menggabungkan selancar dan paralayang. Maklum saja, alat-alat yang digunakan untuk bermain kitesurfing memang mirip seperti peralatan di dua olahraga tersebut.

Dalam kitesurfing, pemainnya meluncur di atas air menggunakan sebuah papan yang serupa dengan papan selancar. Pemain tersebut meluncur sambil ditarik oleh layar yang disebut kite. Saat meluncur dengan kecepatan tinggi di air itu, pemain harus mengendalikan kite dengan tali.

Kitesurfing atau yang juga kerap disebut kiteboarding termasuk olahraga yang ekstrem di mana pemainnya dituntut untuk punya keberanian tingi dan kemampuan untuk mengendalikan diri di atas air sambil dikelingi angin.

Saat masa-masa olahraga kitesurfing baru dikenal, konon banyak korban cedera serta beberapa pemain yang meninggal dunia. Namun, kini kitesurfing sudah jauh lebih aman sehingga tak banyak korban seperti dulu.

Chelsea Corputty & Mutiara Rahma Putri, Pembuka Keran Medali Indonesia di Asian Games 2022

Indonesia, Surganya Kitesurfing

Tahukah Anda jika Indonesia adalah surganya kitesurfing?

Ya, dengan garis pantainya yang begitu panjang, Indonesia memang sangat cocok untuk jadi tempat para penggemar kitesurfing untuk beraksi.

Salah satu daerah primadona untuk kegiatan kitesurfing adalah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bahkan, kabupaten yang terletak di pantai selatan Pulau Jawa ini menjadi tuan rumah bagi perhelatan kitesurfing internasional bertajuk International Kitesurfing Exhibition Yogyakarta.

Untuk tahun 2023 ini, International Kitesurfing Exhibition Yogyakarta telah digelar di Pantai Depok, Sabtu-Minggu, 26-27 Agustus lalu. Dari perspektif penggemar kitesurfing, Pantai Depok memang merupakan tempat yang sangat cocok untuk jadi lokasi unjuk gigi.

"Berdasarkan pengalaman Kitesurfingsebelumnya para pemain yang telah mencoba ditempat ini bahwa kawasan Laguna Depok pantai selatan layak dijadikan tempat permainan, cocok untuk pemula maupun profesional, ini sangat memungkinkan tumbuhnya bibit-bibit atlet olahraga prestasi di masa akan datang," ujar Ketua Jogja Kitesurfing Cub indonesia Arif Efendi.

Bagi Bantul, ajang ini sekaligus merupakan kesempatan untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan mancanegara serta memajukan pariwisata setempat. Lewat ajang besar seperti International Kitesurfing Exhibition, nama Bantul di jagat pariwisata nasional dan internasional pun terangkat.

“Bantul tidak hanya sebagai kota kreatif dalam sektor kriya tetapi juga sebagai produsen event-event pariwisata yang layak untuk dikunjungi. Kita mesti terus menerus memperbaiki parawisata kita maka dikenalkan dengan paradigma baru yaitu pariwisata berkualitas atau disebut dengan quality tourism,” kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih.

Muhammad Sejahtera Dwi Putra dan Dua Medali Emasnya yang Mengguncang Asian Games 2022

Referensi:

  • https://bantulkab.go.id/berita/detail/6038/pantai-laguna-depok-menjadi-tempat-diselenggarakannya-international-kitesurfing-exhibition-2023.html



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini