Muhammad Sejahtera Dwi Putra dan Dua Medali Emasnya yang Mengguncang Asian Games 2022

Muhammad Sejahtera Dwi Putra dan Dua Medali Emasnya yang Mengguncang Asian Games 2022
info gambar utama

Aksi Muhammad Sejahtera Dwi Putra di Asian Games 2022 sungguh ciamik. Ia sukses mengguncang pesta olahraga terakbar Asia itu.

Atlet yang akrab disapa Tera itu tampil di cabang olahraga menembak. Hasilnya bukan kaleng-kaleng, ia telah mengoleksi empat medali. Rinciannya, masing-masing dua medali emas dan perunggu.

Beraksi di Fuyang Yinhu Sports Centre, Hangzhou, satu medali emas dan perunggu didapat Tera pada Senin (25/9/2023). Ia menjadi yang terbaik di final Shooting-Men’s 10m Running Target dengan 578 poin, terpaut tipis dengan wakil Vietnam Huu Vuong Ngo yang mendapat 571 poin dan berhak atas medali perak.

Sementara itu, perunggu pada Senin lalu didapat Tera bersama Julio Irfandi dan Muhammad Badri Akbar dari nomor 10 M Running Target Team. Mereka mencatatkan total 1667-33 poin. Medali emasnya sendiri didapat Korea Selatan dengan 1668,39 poin, lalu perak direbut China dengan 1668,29 poin.

Gelontoran medali berlanjut pada Selasa (26/9/2023). Tera mendapat emas lagi, kali ini dari nomor Shooting-Men's 10 m Running Target Mixed Run. Ia mencatatkan skor total 378-11x sekaligus mengalahkan Kwang Il Kwon dari Korea Utara yang mengoleksi 377-9x dan You Jin Jeong dari Korea Selatan dengan skor 377-6x.

Kemudian masih bersama Julio Irfandi dan Muhammad Badri Akbar, Tera menyumbang perunggu dari Shooting-Men's Team 10 m Running Target Mixed Run pada Selasa kemarin. Trio Indonesia itu meraih nilai total 1098-22x. Medali emas nomor ini direbut tim Korea Selatan dengan total poin 1116-21x dan perak jadi milik Kazakhstan dengan poin 1111-20x.

Di Arena Wushu Asian Games 2022, Edgar Xavier Marvelo Menjawab Kekhawatiran dengan Medali

Sejarah Baru

Pencapaian Tera jadi sejarah baru bagi olahraga menembak Indonesia. Emas yang didapatnya pada hari Senin adalah emas pertama Indonesia dari cabor menembak di Asian Games.

"Emas Muhammad Sejahtera Dwi Putra merupakan yang pertama dalam sejarah keikutsertaan Indonesia saat menembak pertama kali dipertandingkan di Asian Games 1954. Keberhasilan ini tidak terlepas dari program pelatnas jangka panjang yang dilakukan PB Perbakin dan juga kerja keras atlet menembak Indonesia menjalani program latihan secara fokus,” ujar Menurut pelatih Timnas menembak Indonesia Masruri dalam keterangan tertulis Kemenpora.

Tera merupakan salah satu atlet menembak andalan Indonesia. Sudah banyak prestasinya di ajang internasional. Selain Asian Games, ia juga pernah meraih medali emas di Kejuaraan Menembak Asia dan SEA Games.

Tera sebetulnya nyaris mencetak sejarah gemilang lebih awal. Ia tampil di Asian Games 2018 lalu, namun baru bisa mendapat medali perak.

Kini, Tera akhirnya bisa menyumbang emas Asian Games pertama untuk kancah menembak Tanah Air. Usaha kerasnya selama ini terbayar lunas.

“Alhamdulillah, hasil ini sesuai dengan latihan yang saya jalani selama ini. Saya selalu berusaha melakukan yang terbaik buat Merah Putih. Perasaan saya sekarang susah untuk diungkapkan,” kata Tera.

Chelsea Corputty & Mutiara Rahma Putri, Pembuka Keran Medali Indonesia di Asian Games 2022

Referensi:

  • https://www.kemenpora.go.id/detail/4270/emas-pertama-asian-games-2022-hangzhou-jadi-kado-ultah-menpora-dito-dari-cabor-menembak
  • https://www.kemenpora.go.id/detail/4273/penembak-sejahtera-dwi-putra-kembali-persembahkan-emas-kedua-indonesia-di-asian-games-2022-hangzhou



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini