Di Arena Wushu Asian Games 2022, Edgar Xavier Marvelo Menjawab Kekhawatiran dengan Medali

Di Arena Wushu Asian Games 2022, Edgar Xavier Marvelo Menjawab Kekhawatiran dengan Medali
info gambar utama

Edgar Xavier Marvelo sempat membuat khawatir sebelum berangkat ke Asian Games 2022. Namun ia kemudian justru berhasil meraih prestasi gemilang.

Edgar menjadi pahlawan bagi Indonesia di Asian Games 2022. Ia merebut medali perak dari cabang olahraga wushu.

Beraksi di XSG Sport Center, Minggu (24/9/2023), Edgar ambil bagian di nomor changquan. Hasilnya, atlet kelahiran 16 Desember 1998 itu mendapatkan skor 9,786. Edgar hanya kalah dari atlet tuan rumah China Sun Peiyuan yang meraih skor 9,840. Sementara itu, urutan ketiga ditempati atlet Makau Song Chi Kuan dengan skor 9,760.

Untuk diketahui, medali yang didapat Edgar adalah perak pertama Indonesia di Asian Games 2022.

Chelsea Corputty & Mutiara Rahma Putri, Pembuka Keran Medali Indonesia di Asian Games 2022

Menjawab Kekhawatiran

Medali perak yang didapat Edgar bisa dibilang begitu istimewa. Sebab, ia bukan hanya mampu membuktikan diri sebagai salah satu yang terbaik, melainkan juga menjawab kekhawatiran.

Kekhawatiran yang dimaksud adalah kondisi fisik Edgar. Sebelum Asian Games 2022 berlangsung, ia sempat mengalami masalah pelik berupa cedera pinggang.

Edgar mengalami cedera di tengah persiapan intensif sebelum berangkat ke China. Gara-gara cedera ini, ia bahkan sempat dipulangkan dari pemusatan latihan di China berhubung harus menjalani operasi.

Setelah operasi dilakukan, Edgar berusaha pulih sesegera mungkin agar bisa tampil di Asian Games 2022. Ia akhirnya memang berangkat ke pesta olahraga terbesar Asia itu, namun kondisi fisiknya membuat orang-orang di tim wushu Indonesia menjadi khawatir.

Edgar sendiri bahkan mengakui juga sempat ragu. Dengan waktu yang amat mepet, kesempatan untuk bersiap tidak banyak. Untungnya, ia mampu meyakinkan dirinya sendiri.

Kini, Edgar berhasil membuktikam diri bahwa semangat menjadi kunci untuk mengatasi masalah yang mrmbelitnya. Kekhawatiran pun berubah menjadi apresiasi.

"Dia sudah berjuang walaupun dengan kondisi kesehatannya akhir-akhir ini mengkhawatirkan karena baru operasi di pinggang. Ini tentu berkat semangat atlet sehingga itu bisa dilalui,” ujar Sekjen Pengurus Besar Wushu Indonesia Ngatino, seperti dipublikasikan laman resmi Kemenpora.

“Semua pengurus yang mendampingi khawatir dengan kondisi Edgar, tetapi Alhamdulillah ini bisa dilalui dengan baik,” imbuhnya.

Selain berhasil menjawab kekhawatiran, Edgar juga mampu mempertahankan tren positifnya. Ini adalah kedua kalinya ia mendapatkan medali Asian Games.

Sebelumnya, Edgar meraih perak di Asian Games 2018. Saat itu, Edgar juga beraksi di nomor Changquan.

Pakaian Adat Pulau Rote dan Betawi Warnai Upacara Pembukaan Asian Games 2022

Referensi:

  • https://www.kemenpora.go.id/detail/4265/indonesia-tambah-medali-asian-games-2022-hangzhou-lewat-atlet-wushu-edgar-xavier



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini