Tren Positif Para Badminton Indonesia Berlanjut, Gelar Juara Diborong dari Australia

Tren Positif Para Badminton Indonesia Berlanjut, Gelar Juara Diborong dari Australia
info gambar utama

Para atlet difabel Indonesia yang berkecimpung di olahraga para badminton meraih pencapaian ciamik dalam ajang internasional di Australia.

Timnas para badminton Indonesia baru saja tuntas berlaga di Western Australia Para Badminton International 2023. Itu adalah turnamen BWF Para Badminton International Level 2 yang bergengsi, sekaligus salah satu ajang pengumpulan poin menuju Paralimpiade Paris 2024.

Hasilnya sungguh bukan main. Indonesia mampu memborong enam gelar juara. Bahkan ada pula atlet yang mendapat dua gelar juara sekaligus, yakni Rina Marlina.

Daftar atlet Indonesia peraih gelar juara di Western Australia Para Badminton International 2023:

  • Rina Marlina: Tunggal putri SH6
  • Fredy Setiawan: Tunggal putra SL4
  • Subhan/Rina Marlina: Ganda campuran SH6
  • Dheva Anrimusthi: Tunggal putra SU5
  • Syakuroh Qonitah Ikhtiar: Tunggal putri SL3
    Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah: Ganda putri
Chelsea Corputty & Mutiara Rahma Putri, Pembuka Keran Medali Indonesia di Asian Games 2022

Menuju Asian Para Games 2023

Meski berhasil meraih prestasi cemerlang di Western Australia Para Badminton International 2023, atlet Indonesia tak lantas berpuas diri. Sebaliknya, mereka langsung menatap Asian Para Games 2023 sebagai ajang berikutnya yang harus dihadapi.

“Alhamdulillah, saya puas dengan hasil permainan ini, karena bisa juara di dua nomor. Saya tidak menduga bisa mencatat prestasi ini. Saya semakin percaya diri dan bersemangat untuk menghadapi Asian Para Games 2023 mendatang,” ujar Rina Marlina.

“Target saya untuk di Hangzhou nanti semoga bisa mempertahankan dua medali emas supaya bisa membanggakan Indonesia,” katanya.

Hal senada disampaikan oleh Fredy Setiawan. Ia siap mengevaluasi diri demi tampil lebih baik lagi.

"Jika melihat hasil ini, saya perlu melakukan evaluasi karena saya masih sering melakukan kesalahan sendiri saat dalam pertandingan.,” papar Fredy.

Sepeda Amellya Nur Sifa Melaju Cepat, Medali Emas Asian Games 2022 Berhasil Didapat

Tren Positif

Gelontoran gelar juara di Western Australia Para Badminton International 2023 adalah lanjutan dari tren positif yang ditorehkan para badminton Indonesia sepanjang tahun ini. Sebelumnya, Indonesia juga tampil ciamik di ajang lain.

Pada Juni lalu, Indonesia tampil di Canadian Para-Badminton International 2023. Hasilnya, Indonesia mampu mrmboyong sepuluh medali yang terdiri dari empat emas, tiga perak, dan tiga perunggu.

Pada bulan yang sama, Indonesia juga beraksi di ASEAN Para Games 2023 yang membuahkan gelar juara cabang para-badminton setelah meraih 30 medali yang terdiri dari 13 medali emas, 9 perak, dan 8 perunggu.

Di negeri sendiri, Indonesia jadi tuan rumah. ajang FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023. Gelar juara diraih setelah sebanyak 11 nomor berhasil dimenangi.

Perjuangan Sanggoe Darma Tanjung: Melawan Keterbatasan, Menggapai Medali Asian Games 2022

Referensi:

  • https://www.kemenpora.go.id/detail/4327/raih-6-juara-di-australia-jadi-modal-para-bulu-tangkis-menuju-asian-para-games-2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini