Sepeda Amellya Nur Sifa Melaju Cepat, Medali Emas Asian Games 2022 Berhasil Didapat

Sepeda Amellya Nur Sifa Melaju Cepat, Medali Emas Asian Games 2022 Berhasil Didapat
info gambar utama

Sepeda Amellya Nur Sifa melaju cepat hingga menemui akhir yang bahagia. Ia berhasil meraih medali emas Asian Games 2022.

Sifa adalah atlet dari cabang olahraga BMX. Di Asian Games, keduanya sama-sama beraksi di nomor Woman's Individual Moto Run.

Pada Minggu (1/10/2023), Sifa menampilkan kebolehannya Chun'an Jieshou Sports Centre BMX, Hangzhou. Ia tampil ciamik pada partai final denga bersaing ketat melawan pebalap China Qu Quanquan.

Sifa mengumpulkan 6 poin dari tiga moto run. Poin tersebut jumlahnya sama dengan Quanquan. Namun, Sifa dinyatakan sebagai pemenang karena catatan waktunya di moto run ketiga jauh lebih baik ketimbang Quanquan. Dengan demikian, ia berhak atas medali emas.

Pada moto run pertama, Sifa hanya menempati posisi ketiga dengan waktu 44,065. Sementara itu, Quanquan ada di posisi pertama dengan waktu 42,483 detik. Lalu di moto run kedua, Sifa lagi-lagi menempati posisi kedua dengan waktu 43,290. Quanquan masih jadi yang terdepan dengan mencatatkan waktu 41,827 detik.

Sifa membalikkan situasi di run ketiga. Sifa menempati posisi pertama dengan catatan waktu 43,918 detik. Sementara itu posisi Quanquan malah melorot ke posisi keempat dengan waktu 44,964 detik.

"Sesuai dengan peraturan BMX di Asian Games kali ini yang menggunakan sistem poin. Karena di kategori women hanya ada satu grup maka perlombaan hanya berlangsung 3 run moto. Moto pertama ditentukan dari ITT (individual time trial), lalu moto kedua ditentukan dari hasil moto pertama, kemudian moto ketiga dihasilkan dari moto kedua. Moto run ketiga (terakhir) ini adalah final," kata Kepala Pelatih Balap Sepeda Indonesia Dadang Haris Purnomo dalam keterangan tertulis.

Perjuangan Sanggoe Darma Tanjung: Melawan Keterbatasan, Menggapai Medali Asian Games 2022

Deretan Prestasi Sifa

Sifa adalah atlet kelahiran 9 Juli 2003. Di usianya yang baru menginjak 20 tahun, Sifa sudah langganan mewakili Indonesia di berbagai ajang BMX internasional.

Maklum saja, Sifa adalah salah satu atlet terbaik Tanah Air. Buktinya, ia adalah juara nasional pada 2022. Ia juga pernah mewakili Indonesia di kejuaraan dunia di Bogota, Kolombia, dan Sakarya, Turki. Saat di Turki, Sifa bahkan menenpati posisi keenam.

Asian Games 2022 juga bukan ajang tingkat Asia di mana Sifa mampu naik podium. Ia pun pernah mendapat medali perak Kejuaraan BMX Asia pada 2022.

Bagi Sifa, medali Asian Games ini tentu saja jadi hal spesial.

"Tentu senang, karena tidak menyangka juga bisa merebut medali emas. Apalagi karena ini menggunakan sistem poin," katanya.

Chelsea Corputty & Mutiara Rahma Putri, Pembuka Keran Medali Indonesia di Asian Games 2022

Referensi:

  • https://www.kemenpora.go.id/detail/4290/pebalap-sifa-amellya-nur-tambah-medali-emas-indonesia-di-ajang-asian-games-2022-hangzhou



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini