Jelang MotoGP, Okupansi Hotel di Nusa Tenggara Naik hingga 100 Persen

Jelang MotoGP, Okupansi Hotel di Nusa Tenggara Naik hingga 100 Persen
info gambar utama

Penyelenggaraan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 berdampak signifikan terhadap industri perhotelan dan pariwisata lokal. Sejumlah hotel di wilayah Nusa Tenggara dilaporkan mengalami lonjakan tingkat hunian atau okupansi hingga 100 persen.

Peningkatan tersebut mencerminkan antusiasme besar dari para pelancong untuk menghabiskan akhir pekan sekaligus menonton balap spektakuler MotoGP. Ajang ini akan diselenggarakan di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 13—15 Oktober mendatang.

Beberapa jaringan hotel Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) turut mengalami lonjakan okupansi. Salah satunya Hotel Truntum Boutique Mandalika yang dikelola oleh Hotel Indonesia Group (HIG), anak usaha PT Hotel Indonesia Natour (HIN).

InJourney Ajak Kolaborasi Sukseskan Kembali Kejuaraan MotoGP Mandalika

Hotel bintang empat ini mengalami peningkatan okupansi sebesar 100 persen. Lokasinya berjarak hanya 4 kilometer (km) dari sirkuit. Itulah sebabnya ia menjadi pilihan pengunjung selama perhelatan MotoGP 2023 di Indonesia.

"Kami sangat antusias penyelenggaraan MotoGP 2023 ini dapat menggerakkan pariwisata di NTB yang memberikan multiplier effect serta dampak positif pada industri perhotelan, UMKM lokal seperti restoran, toko suvenir, dan penyedia jasa transportasi, sehingga berkontribusi pada peningkatan perekonomian Indonesia," kata PLT VP Corporate Secretary HIN Adianta Apriadi, dalam keterangan tertulis, Kamis (12/10/2023).

Tidak hanya itu, Hotel Merumatta Senggigi milik BUMN juga mengalami peningkatan okupansi sekitar 80 persen selama jadwal MotoGP. Hotel bintang 5 tersebut terletak di Tanjung Senggigi, berjarak 67 km dari Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika.

Lonjakan okupansi hotel di wilayah Nusa Tenggara dinilai membuktikan bahwa MotoGP terbukti menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik dan internasional untuk berkunjung ke Mandalika.

"Kami berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk seluruh tamu dan menciptakan pengalaman menginap yang tak terlupakan," tutup Anta.

Ada 3 Proyek Wisata Baru di KEK Mandalika, Apa Saja?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini