Hirka Shoes : Pahlawan Ekonomi Untuk Menyongsong Indonesia Emas 2045

Hirka Shoes : Pahlawan Ekonomi Untuk Menyongsong Indonesia Emas 2045
info gambar utama

Genderang informasi mengenai kejayaan Indonesia dalam berbagai sektor cukup menarik perhatian baru baru ini. Melihat beberapa potensi kekayaan sumber daya alam Indonesia ini, Presiden Joko Widodo memiliki harapan untuk masuk dalam jajaran lima besar negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada 2045 nanti, tepatnya ketika 100 tahun Indonesia merdeka. Hal ini selaras dengan pendapat Kementerian PPN/ Bappenas (2019) yang menyatakan bahwa dalam periode 2016-2045, ekonomi Indonesia mampu tumbuh 5,7 persen per tahun dengan terus melakukan reformasi struktural, memanfaatkan bonus demografi dan kemajuan teknologi serta meningkatkan daya saing ekonomi. Indonesia diperkirakan menjadi negara pendapatan tertinggi pada tahun 2036 dan PDB terbesar ke-5 pada tahun 2045. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan inklusif akan meningkatkan jumlah kelas pendapatan menengah menjadi sekitar 70 persen penduduk Indonesia pada tahun 2045.

Skenario pertumbuhan ekonomi ini serasa angin segar dan semangat optimis untuk kemajuan Indonesia. Tentu skenario ini akan tercapai tidak mudah, perlu perjuangan dan pengorbanan dari seluruh lini baik masyarakat dan pemerintah terkait. Berbicara mengenai ekonomi yang terus berkembang, harapannya pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat bukan hanya berorientasi pada tingginya “angka digit” melainkan juga menerapkan prinsip ekonomi yang sustainable/ berkelanjutan. Prinsip ekonomi yang bukan hanya mencari keuntungan belaka, tetapi juga memikirkan bagaimana dampak keberlanjutannya terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Sejatinya, prinsip ini sudah mulai berkembang dan diberlakukan oleh beberapa kegiatan usaha di Indonesia baik dalam skala mikro dan makro. Salah satu dari kegiatan usaha berprinsip keberlanjutan ini adalah Hirka Shoes.

30 Ekor Satwa Endemik Maluku Dilepasliarkan ke Habitat Aslinya

Hirka Shoes merupakan industri di bidang kreatif yang memanfaatkan kulit ayam menjadi produk sepatu yang memiliki warna cantik dan unik dengan bantuan teknologi penyamakan. Berkat keunikan dari ide ini, Hirka Shoes mendapatkan Apresiasi Satu Indonesia Awards 2019 yang diselenggarakan oleh Astra. Nurman Farieka Ramdhany mengungkapkan bahwa perjalanan usaha yang dilakukan ini melewati berbagai lika liku tantangan. Ia juga menegaskan bahwa Hirka Shoes terbentuk karena keresahan banyaknya industri sepatu kulit yang memanfaatkan kulit ular dan kulit buaya yang semakin hari populasinya berkurang. Ia berharap, dengan menciptakan sepatu unik yang terbuat dari ceker ayam dapat menangani permasalahan eksploitasi hewan eksotis/ langka yang berlebihan.

Hirka Shoes mengalami tantangan yang besar yakni ketika produk yang dihasilkan sulit memasuki persaingan bisnis sepatu. Hal ini mengapa? sebagian beranggapan bahwa kualitas sepatu kulit dari ceker ayam ini tidak sebagus berbahan dasar kulit ular dan kulit buaya. Untuk itu, dengan niat dan tekad yang tekun, Hirka Shoes terus melakukan inovasi dan riset untuk menghasilkan sepatu yang unggul baik dari kualitas dan kenyamanan. Hal ini pun berbuah hasil, produk sepatu Hirka Shoes kini dapat menjual produknya ke rancah Internasional. Produknya diakui dan didukung oleh banyak pihak, bahkan hingga melakukan studi banding untuk melihat proses pembuatan produk yang unik ini. Saat ini, Hirka Shoes memiliki 500 cabang yang tersebar di berbagai baik di nasional dan internasional

Hirka Shoes memiliki sasaran pasar dari berbagai kalangan orang dewasa yang mencari sepatu berkualitas dengan harga terjangkau. Harga per pasang sepatu dibanderol dari 400 ribu hingga satu juta rupiah, membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi banyak kalangan. Adanya kegiataan usaha yang dilakukan Hirka Shoes ini menjadikan tambahan lapangan kerja untuk memajukan perekonomian Indonesia.

Cerita Warga Desa Senamat Ulu yang Bermimpi Hutan Mereka Hijau Kembali

Referensi

[1] Talk Show Good Movement: Inspirasi dari Kisah Sukses Penerima Apresiasi Satu Indonesia Awards

[2] Hirka Shoes: Sukses Wirausaha Muda Asal Bandung dengan Sepatu Kulit Ceker Ayam https://www.goodnewsfromindonesia.id/2023/10/03/hirka-shoes-sukses-wirausaha-muda-asal-bandung-dengan-sepatu-kulit-ceker-ayam

[3] Indonesia 2045: Berdaulat, Maju, Adil dan Makmur. 2019. Kementrian PPN/ Bappenas.

[4] Menjadi Lima Terbaik Dunia di Tahun 2045 https://indonesiabaik.id/infografis/menjadi-lima-terbaik-dunia-pada-2045#:~:text=Di%202045%2C%20diproyeksikan%20Indonesia%20menjadi,produktif%2052%25%20dari%20total%20populasi.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

HB
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini