Indonesia dan Malaysia Aktifkan Kembali 14 Pos Perbatasan Bersama

Indonesia dan Malaysia Aktifkan Kembali 14 Pos Perbatasan Bersama
info gambar utama

Indonesia dan Malaysia kembali mengaktifkan 14 pos bersama di wilayah perbatasan setelah sempat tutup akibat pandemi COVID-19. Keduanya sepakat untuk menjaga perdamaian, keamanan, dan stabilitas di sepanjang perbatasan.

Dilansir dari Kompas.com, Jumat (13/10), kesepakatan itu terjalin dalam sidang ke-43 General Border Committee (GBC) Malindo di Jakarta, Kamis (12/10). Sidang ini dipimpin Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Malaysia dato Seri Utama Haji Mohammad bin Haji Hasan.

“Kami berhasil mengaktifkan kembali pos perbatasan bersama antara angkatan bersenjata Malaysia (ATM) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) setelah penanggulangan pandemi COVID-19,” kata Menhan Prabowo.

Perkuat kerja sama RI-Malaysia

Menhan Prabowo menjelaskan 14 pos bersama tersebut berada di wilayah Kalimantan. Rinciannya, tujuh pos di Indonesia, tujuh pos lainnya di Malaysia. Pihaknya mengatakan bahwa kedua negara ini juga akan menjajaki kemungkinan penambahan pos lainnya.

Indonesia dan Malaysia juga menyepakati kerja sama untuk menjaga perdamaian, keamanan, dan stabilitas di sepanjang perbatasan. Salah satu capaian di bidang pertahanan ini adalah keberhasilan mobilisasi patroli bersama melalui mekanisme coordinated patrol.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Mohamad mengungkapkan keinginannya untuk meningkatkan hubungan Malaysia dan Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan kerja sama yang telah terjalin sejak lama di antara keduanya.

Ada 6 Pos Batas negara Baru yang Dapat Membantu Pertumbuhan Wilayah Perbatasan

Catat sejarah pencapaian

Sidang GBC Malindo merupakan agenda rutin tahunan yang menjadi salah satu sarana untuk memfasilitasi dialog kedua negara, terutama dalam hal memajukan interaksi kerja sama di wilayah-wilayah perbatasan.

Dalam agenda tahun ini juga diputuskan bahwa Sidang ke-44 GBC Malindo selanjutnya akan diselenggarakan di Malaysia. Selain itu, sidang ini juga diisi dengan kegiatan peluncuran sebuah buku bertajuk 50th GBC Malindo.

Buku tersebut mencatat sejarah pertemuan dan pencapaian GBC Malindo selama setengah abad serta menggambarkan kerja sama Indonesia dan Malaysia dalam mengatasi berbagai tantangan dan ancaman.

Pos Lintas Batas Negara Semakin Bertambah, Wilayah Perbatasan Semakin Bertumbuh

Referensi:

Kompas.com. Indonesia dan malaysia Aktifkan Lagi 14 Pos Perbatasan yang Sempat Tutup. https://nasional.kompas.com/read/2023/10/12/16070061/indonesia-dan-malaysia-aktifkan-lagi-14-pos-perbatasan-yang-sempat-tutup

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini