Pengertian dan Contoh Personal Branding Pengusaha Indonesia

Pengertian dan Contoh Personal Branding Pengusaha Indonesia
info gambar utama

Personal branding adalah aspek yang sangat penting di era sekarang. Personal branding berguna mengidentifikasi diri sendiri agar orang lain dapat menilai diri kita sesuai dengan apa yang kita inginkan. Jika Anda adalah seorang pengusaha, maka personal branding menjadi pengusaha yang jujur dan sukses akan mudah sekali dimakan oleh masyarakat dan menimbulkan awareness.

Mengingat betapa pentingnya personal branding, maka perlu dilakukan strategi-strategi khusus untuk melakukan personal branding. Artikel ini membahas tentang pengertian personal branding dan contoh personal branding pengusaha di Indonesia.

Apa itu Personal Branding?

Personal branding adalah sebuah pencitraan pribadi yang mewakili serangkaian keahlian, suatu ide cemerlang, sebuah sistem kepercayaan, dan persamaan nilai yang dianggap menarik oleh orang lain. Personal branding juga merupakan segala sesuatu yang ada pada diri seseorang yang membedakan dan menjual, seperti pesan, pembawaan diri, dan taktik pemasaran.

Selain itu, personal branding juga dapat diartikan sebagai sebuah seni dalam menarik dan memelihara lebih banyak klien dengan cara membentuk persepsi publik secara aktif. Kegiatan personal branding ini bisa dilakukan di berbagai media, khususnya media sosial. Singkatnya, personal branding adalah bagaimana orang melihat diri kita, bukan tentang bagaimana kita ingin dilihat.

Personal branding memiliki tiga tujuan utama yaitu pertama adalah agar orang lain dapat mengenali Anda sebagai individu yang lebih unggul dibanding individu lainnya. Kedua adalah untuk menginformasikan atau memberitahukan tentang keterampilan, kemampuan, identitas, dan hal-hal lain yang memiliki nilai tambah untuk diri individu.

Tujuan ketiga adalah untuk meningkatkan daya tarik orang lain kepada Anda secara individu sekaligus dapat membuat orang lain beranggapan bahwa hanya Anda saja yang dapat menyelesaikan masalah mereka. Hal itu sesuai dengan apa yang Anda tampilkan untuk mereka.

Contoh Personal Branding Pengusaha Indonesia

Di Indonesia, ada banyak sekali individu baik dari kalangan pengusaha atau publik figur lainnya yang melakukan personal branding dengan sangat kuat. Berikut ini beberapa contoh pengusaha atau publik figur Indonesia yang melakukan personal branding dengan baik.

1. Sandiaga Uno

sandiaga uno
info gambar

Sandiaga Uno adalah pengusaha sekaligus saat ini menjabat sebagai Menteri Parekraf. Personal branding Sandi ia adalah seorang pengusaha seorang pengusaha yang sukses dan memiliki relasi bisnis yang sangat besar. Selain itu, ia juga dikenal memiliki reputasi yang baik di bidang bisnis, maupun politik. Terbukti selama ini Sandi selalu sukses dengan agenda-agenda yang dibuatnya.

2. Najwa Shihab

najwa shihab
info gambar

Najwa adalah seorang jurnalis, sekaligus presenter, sekaligus host dari sebuah acara bernama Mata Najwa. Sebagai seorang jurnalis, Najwa Shihab memiliki kesan yang sangat tegas, cermat, dan tajam. Najwa dikenal sebagai jurnalis yang sering mengangkat isu-isu politik dan kemasyarakatan, sehingga masyarakat mempercayai Najwa sebagai wakil mereka terhadap sebuah isu untuk dicari jawabannya kepada para pemangku kebijakan.

3. Raditya Dika

raditya dika
info gambar

Raditya Dika adalah stand up comedian sekaligus penulis. Sebagai komedian, Raditya Dika dikenal sebagai sosok yang lucu dan guyonannya dapat diterima oleh semua orang. Baik orang dewasa maupun anak-anak. Personal Radit tidak dikenal sebagai komedian yang sering melemparkan lelucon yang berbau politis maupun menyindir golongan tertentu.

4. Jusuf Hamka

jusuf hamka
info gambar

Jusuf Hamka dikenal sebagai bos jalan tol Indonesia. Meskipun demikian, personal branding sosok ini bukanlah pria yang glamor dan penuh kemewahan. Jusuf Hamka lebih dikenal sebagai pengusaha sukses yang merakyat. Ia sering makan di warteg pinggir jalan dan tidak jarang juga ia kerap berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan. Jusuf Hamka dikenal sebagai orang sukses yang membumi.

Sumber:

https://lib.ui.ac.id/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini