Ciptakan Peluang menjadi Keuntungan, Sebuah Kisah dari Pengusaha Es Gak Beres

Ciptakan Peluang menjadi Keuntungan, Sebuah Kisah dari Pengusaha Es Gak Beres
info gambar utama

Apa yang muncul dalam pikiran kamu ketika mendengar kata "kewirausahaan"? Mungkin sebagian dari kamu menganggapnya terkait erat dengan bisnis, ekonomi, dan profit.

Kamu tidak salah, jika itu yang muncul dalam pikiran kamu, itu adalah pemahaman yang wajar. Namun, ada beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui dan pahami lebih dalam mengenai kewirausahaan. Saat kamu memahaminya lebih lanjut, kamu akan lebih tertarik untuk mengenal kewirausahaan.

Kewirausahaan sebenarnya adalah sebuah proses dan perjalanan menarik yang dimulai dari gagasan dan mindset brilian yang memicu pembuatan usaha, yang kemudian dikembangkan sehingga mampu menciptakan bisnis berdaya lenting. Meskipun setiap orang menginginkan kesuksesan, tidak semua orang bersedia menghadapi tantangan, termasuk menghadapi sisi gelap dalam kewirausahaan, bahkan kegagalan yang tak terhindarkan sebagai bagian dari perjalanan tersebut.

Dalam konteks ini, ada satu cerita inspiratif dari seorang wirausahawan yang menarik untuk kamu ketahui, yaitu kisahnya Yudi Efrinaldi.

Ketika Kuliner Nusantara Es dan Soto Segarkan Musim Panas di Tokyo

Yudi Efrinaldi, seorang founder sekaligus pemilik 'Es Gak Beres' dalam industri FnB (Food and Beverage), berbagi kisah inspiratifnya dalam acara talkshow Good Movement pada Senin (02/10). Sebagai seorang wirausaha, Yudi telah sukses membangun jaringan dengan 500 mitra yang tersebar di seluruh Indonesia dan meraih profit yang mengesankan. Tidak hanya itu, prestasinya membuatnya meraih penghargaan Apresiasi SATU Indonesia awards tahun 2021, karena dampak positif yang bisnisnya berikan pada masyarakat luas. Keberhasilannya ini memicu rasa penasaran banyak orang, tentang bagaimana seseorang yang bergerak dibidang UMKM (Usaha Menengah Kecil Mikro) dan menjual es bisa meraih keusuksesan sedemikian besar. Semua ini mencerminkan kondisi dimana success is an iceberg.

Sebelumnya, apakah kamu pernah mendengar atau mengetahui istilah tersebut?

Succes is an iceberg atau dapat diartikan bahwa kesuksesan itu seperti gunung es yang mana ketika kita melihat gunung es dari kejauhan, hanya sedikit yang terlihat di permukaan. Apa yang orang lihat hanyalah sebagian kecil dari kerja keras, ketekunan, dan pengorbanan yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan. Padahal untuk mencapai kesuksesan memerlukan fondasi yang kuat, tekad yang tak tergoyahkan, dan pengorbanan yang tidak terlihat.

Sama seperti Yudi, sebelum ia meraih puncak kesuksesannya saat ini. Yudi berani menghadapi beragam tantangan, mengatasi hambatan, dan belajar dari kegagalan-kegagalan yang ia temui di jalan. Dengan bermodalkan tekad kuat, kerja keras yang tak kenal lelah, dan sikap pantang menyerah, ia berhasil mengatasi semua hambatan tersebut. Sebagai seorang pengusaha yang penuh semangat, ia tidak ragu untuk menjajaki berbagai bidang bisnis sebelum akhirnya menemukan passionnya dalam dunia minuman, yang menghadirkan kreasi unik bernama "Es Gak Beres". Inspirasi usaha ini muncul saat ia menonton video di YouTube sehingga membuktikan bahwa ide cemerlang bisa datang dari tempat yang tidak terduga.

Menikmati Surga Kuliner Ikan ketika Berkunjung ke Palangkaraya

Sense dari seorang entrepreneur adalah memiliki daya tanggap. Sebagai seorang wirausahawan, Yudi memiliki kepekaan dengan kondisi di lingkungan sekitarnya. Kepekaan yang ia miliki inilah membuatnya mampu menciptakan peluang dan menjadikannya sebagai modal dalam merintis dan mengembangakan usaha Es Gak Beres ini.

Ketika sebuah bisnis mulai dilirik oleh banyak orang, maka terdapat langkah sulit yang akan dihadapi oleh setiap wirausahawan yaitu bagaimana ia bisa mempertahankan bisnisnya di saat para kompetitor mulai bermunculan. Yudi memberikan tips untuk mengatasi hal ini yaitu pentingnya melakukan improvement dan innovation dalam bisnis yang kita jalankan agar tidak kalah saing dan terus bertahan.

Melalui kisahnya, Yudi memberikan inspirasi tentang bagaimana kepekaan terhadap peluang dapat membuka jalan dalam perjalanan bisnis.#kabarbaiksatuindonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AP
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini