Es Gak Beres ala Yudi Efrinaldi

Es Gak Beres ala Yudi Efrinaldi
info gambar utama

Hai kawan GNFI, pernah denger gak si Es Gak Beres? Iya benar, es yang sedang viral atau istilah nya naik daun tersebut adalah usaha milik pak Yudi Efrinaldi. Siapa sih pak Yudi Efrinaldi itu? Yuk kenalan dengan beliau.

Yudi Efrinaldi merupakan seorang pengusaha sukses dari Sumatra Utara Kabupaten Asahan. Beliau mendirikan atau mencetus es gak beres pada tahun 2019. Sebenarnya es tersebut mirip dengan produk minuman kekinian seperti boba, thai tea dan lain-lain.

Namun, beliau menamainya es gak beres sebagai strategi marketing beliau. Dan benar saja,dengan nama tersebut banyak orang yang penasaran karena keunikan nama es tersebut. Akhirnya orang-orang pada berbondong untuk mencoba minuman tersebut.

Dan setelah mencoba, semua orang mengomentari nya dengan positif bahwa es tersebut ternyata enak dan segar. Akhirnya es gak beres viral dan rame. Dan sampai sekarang es gak beres menyebar di beberapa provinsi.

Yudi Efrinaldi juga mendirikan brand kemitraan dari es gak beres yaitu membangun program UMKM dimana melatih para pelajar maupun ibu rumah tangga yang ingin membuka usaha sampingaan namun takut memulai usaha.

Disinilah nanti yang ingin membuka usaha akan dibimbing untuk dapat membuka usaha. Dengan modal kecilpun, para pelajar dan ibu rumah tangga sudah dapat membuka bisnis usaha sampingan.

Dalam menjalankan bisnisnya, tidak dipungkiri Yudi Efrinaldi mengalami segala kesulitan dan tantangan. Namun beliau tetap semangat dan tidak pernah putus asa. Beliau mengaku bahwa dalam membuka usaha pasti hal utama yang menjadi tantangan adalah kompetitor atau pesaing.

Apalagi di dalam bisnis minuman, dimana banyak pesaing yang bermunculan.Adapun yang sampe menjiplak dan meniru gaya strategi marketingnya untuk membuka usaha.Oleh karena itu, beliau mengatasi kompetitor atau pesaing dengan membuat produk tersebut berbeda daripada yang lain.

Seperti dimulai dari bahan baku yang digunakan berkualitas sehingga menghasilkan rasa yang berkualitas. Selain itu, beliau juga mempertahankan rasa sebagai ciri khas es gak beres agar dapat dikenali dan berbeda dengan produk kompetitor lainnya.

Tak ketinggalan pula, beliau juga memperbaiki kualitas dan cita rasa jika dinilai belum dapat memuaskan para pelanggan es gak beres.

Selain pesaing atau kompetitor, tantangan lain pun bermunculan. Karena es gak beres sudah viral dan menjadi terkenal, banyak orang yang ingin bergabung mitra es gak beres ini.

Yudi Efrinaldi pun sangat senang, namun agak bingung karena kekurangan bahan baku membuat es gak beres yang kurang terpenuhi.Bertambahnya mitra otomatis bahan baku juga bertambah banyak,namun Yudi masih belum bisa menyediakan bahan baku yang berlimpah.

Selain itu, kurangnya SDM yang berkualitas juga menjadi alasannya. Karena dulunya hanya berpikir membuka usaha kecil dan tidak kepikiran untuk menjadi usaha besar seperti sekarang.

Sehingga kurang nya SDM dalam mengelola bisnis menjadi kendala juga, karena pekerja es gak beres memiliki latar pendidikan smp, sma.

Adapun pengalaman yang tidak mengenakkan dan dapat menjadi pelajaran bagi Yudi Efrinaldi dalam mengelola bisnis es gak beres, yaitu pernah ditipu oleh karyawannya sendiri dimana beliau sudah sepenunhnya percaya dengan nya.

Dengan kejadian tersebut, Yudi Efrinaldi tetap berpikiran positif dan tetap maju kedepan dan tidak down karena hal tersebut.

Dan benar saja,Yudi Efrinaldi tidak hanya berjualan es gak beres saja,namun juga membuka beberapa macam bisnis, seperti es gak beres cafe resto, es gak beres market. Yudi Efrinaldi pun dalam membuka bisnis tidak hanya fokus berjualan,beliau membagikan ilmu nya untuk para pelajar dalam program UMKM agar para pelajar memiliki jiwa bisnis dan jika ingin menjadi pengusaha tidak perlu malu untuk memulai dari nol.

Selain itu, ada program sosial dimana es gak beres tersebut memberikan pelayanan sosial kepada masyarakat seperti ambulan gratis untuk masyarakat, dan pada setiap hari jumat membagikan sembako gratis dan makanan gratis.

Mitra Aceh dan juga Riau pun sangat mensupport kegiatan tersebut dan mengumpulkan donasi untuk kegiatan program sosial, karena prinsipnya tidak hanya berjualan saja namun juga memikirkan orang lain juga.

Pada tahun 2021, Yudi Efrinaldii didaftarkan oleh temannya bahwa bisnis Yudi mengikuti program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Award tahun 2021, bahwa usaha yang dijalankan Yudi berdampak bagi orang banyak dan mencakup beberapa daerah. Dan pada akhirnya Yudi Efrinaldi terpilih diantara satu dari banyaknya finalis di program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Award tahun 2021.

#kabarbaiksatuindonesia

Sumber referensi :

  • https://www.pohonketelamenulis.com/2022/11/es-gak-beres.html
  • https://www.radioidola.com/2022/mengenal-yudi-efrinaldi-pengusaha-muda-dan-ceo-es-gak-beres-dari-asahan-sumut/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini