Surya Airways, Maskapai Baru RI Asal Jogja yang Siap Terbang 2024

Surya Airways, Maskapai Baru RI Asal Jogja yang Siap Terbang 2024
info gambar utama

Industri penerbangan Indonesia bakal kedatangan pemain baru bernama Surya Airways. Maskapai ini berada di bawah naungan PT Surya Mataram Indonesia yang berlokasi di Kelurahan Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Eks Direktur Citilink yang kini menjabat Komisaris Utama Surya Airways Benny Rustanto mengunggah sebuah dokumen yang menyatakan bahwa perusahaan itu telah mengantongi Sertifikat standar angkutan udara niaga berjadwal (SS-AUNB) pada 9 Oktober 2023. Status penanaman modalnya berasal dari dalam negeri atau PMDN.

Dalam keterangan surat itu, Surya Airways dinyatakan akan mengangkut penumpang atau penumpang dan kargo rute domestik dengan kode klasifikasi baku lapangan usaha Indonesia 51101.

Alhamdulillah, just Wait for us and its coming the passengers Airlines, Surya Airways is coming soon to you,” tulis Benny di Instagram pribadinya, Senin (16/10/2023).

Garuda Tak Jadi Merger, Hanya Citilink-Pelita Air yang Digabung

Dalam wawancara dengan JIBI/Bisnis, Benny mengungkapkan bahwa Surya Airways ditargetkan beroperasi pada kuartal kedua 2024. Saat ini, pihaknya tengah memasuki tahap pra-aplikasi Air Operator Certificate atau Sertifikat Operator Udara.

Dia pun menjelaskan bahwa pada tahap awal penerbangan dibuka, Surya Airways akan mengoperasikan tiga unit pesawat yang diproduksi pada 2014. Setelah itu, 10 unit ATR 72-600S tipe terbaru akan diproduksi secara bertahap.

Di samping itu, Benny menuturkan bahwa Surya Airways akan melayani rute penerbangan domestik, terutama kota tingkat kedua. Itu bertujuan untuk meningkatkan konektivitas udara di Indonesia pasca pandemi Covid-19. Berdasarkan pengamatan GNFI di situs resmi Surya Airways, maskapai ini akan melayani rute Jakarta, Medan, Bali, Penang, Batam, dan Gunung Sitoli. Semua fitur yang tersedia saat ini hanya menampilkan keterangan coming soon.

Surya Airways, kata Benny, juga ditargetkan melakukan ekspansi ke rute internasional seperti Medan—Penang, Malaysia.

“Rencana ke depan kami akan mengoperasikan 4 unit pesawat wide body seperti Boeing 777-300ER untuk melayani jemaah umrah secara direct flight ke Tanah Suci,” tukasnya, Senin (16/10/2023)..

Selain Surya Airways, saat ini Benny juga menjabat sebagai pendiri PT Rusky Aero Indonesia yang membawahi Raindo United Service. Maskapai kargo itu melayani pengangkutan produk kelautan, barang berbahaya, hewan hidup, hingga vaksin.

Kabar Terbaru Merger Garuda Group: Lisensi Pelita Air Pindah ke Citilink

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini