Film Autobiography Wakili Indonesia di Ajang Piala Oscar 2024

Film Autobiography Wakili Indonesia di Ajang Piala Oscar 2024
info gambar utama

Film Autobiography (2023) terpilih mewakili Indonesia untuk berkompetisi dalam nominasi “Best International Feature Film” di Piala Oscar 2024. Film buatan dosen Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Makbul Mubarak ini berhasil mengungguli seratus film yang diseleksi.

Dilansir dari Liputan6.com, Sabtu (21/10), film Autobiography produksi KawanKawan Media mengisahkan tentang perjalanan emosional dan konflik moral pemuda bernama Rakib dengan seorang purnawirawan jenderal bernama Purna dalam mencari makna sejati keluarga dan kepercayaan.

Film Autobiography tayang perdana secara internasional di Venice Film Festival 2022 pada 2 September lalu. Film ini juga diputar di sejumlah festival film bergengsi lainnya, seperti Toronto International Film Festival 2022, Busan International Film Festival 2022, hingga Adelaide Film Festival 2022.

Menarik penonton Amerika Serikat

Film Autobiography
info gambar

Makbul menilai terpilihnya film Autobiography yang disutradarainya akan membuka peluang penonton yang lebih luas, khususnya Amerika Serikat. Hal ini mengingat Piala Oscar yang merupakan ajang penghargaan tertinggi bagi perfilman di Amerika Serikat.

“Selain itu, juga penting rasanya bahwa film Indonesia terus-menerus aktif untuk memberikan sumbangsih pada sinema dunia, salah satu caranya adalah dengan terus mendaftarkan film di Piala Oscar setiap tahun, terlepas dari film mana pun yang dipilih Komite,” ujar Makbul, dilansir dari Kompas.com.

Dosen pengajar teori dan sejarah film di UMN itu berpesan untuk menikmati proses ketimbang berfokus pada ilusi-ilusi pengakuan. Ia juga berpesan agar para sineas fokus pada cerita, emosi, dan pengalaman yang ingin disampaikan kepada penonton.

Delegasi indonesia di Busan International Film Festival Dapat Fasilitas dari Pemerintah Indonesia

Raih banyak penghargaan

Piala Oscar 2024 yang akan berlangsung pada 2 Maret tahun depan, ternyata bukan prestasi yang pertama kalinya untuk film Autobiography. Film bergenre suspense thriller ini telah meraih banyak penghargaan, yaitu:

  • Fipresci Prize Venice Film Festival 2022
  • Best film Adelaide Film Festival 2022
  • Tokyo Filmex Grandprix 2022
  • Best Film Singapore Film Festival 2022
  • Golden Hanoman Jogja NETPAC Asian Film Festival 2022
  • Best Film QCinema Philippine 2022
  • Best Film Malaysia International Film Festival
  • Best Screenwriter Asia Pacific Screen Award 2023
  • Piala Citra Naskah Asli FFI 2022
  • Best Actor Marrakech International Film Festival 2022
  • NETPAC Award Taipei Golden horse Film Festival 2022
FIlm Orpa Produksi Anak Papua Raih Penghargaan di Festival FIlm Amerika Serikat

Referensi:

  • Kompas.com. Film Karya Dosen UMN Wakili Indonesia di Piala Oscar 2024. https://edukasi.kompas.com/read/2023/10/05/090000371/film-karya-dosen-umn-wakili-indonesia-di-piala-oscar-2024?page=all
  • Liputan6.com. Film Autobiography Resmi Mewakili Indonesia di Ajang Piala Oscar 2024. https://www.liputan6.com/showbiz/read/5396796/film-autobiography-resmi-mewakili-indonesia-di-ajang-piala-oscar-2024?page=6

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini