Pembangunan Desa : Progam Studi Ilmu Pemerintahan STPMD "APMD" Yogyakarta

Pembangunan Desa : Progam Studi Ilmu Pemerintahan STPMD "APMD" Yogyakarta
info gambar utama

Kabar Baik untuk Indonesia!

Prodi Ilmu Pemerintahan merupakan jurusan studi kuliah dengan fokus mempelajari ilmu yang berkaitan dengan dunia pemerintahan. Ilmu Pemerintahan membahas inti dalam pemahaman tentang bagaimana sejarah pemerintahan, tugas pokok fungsi dari pemerintah, bagaimana kebijakan dibuat, bagaimana good governance dan lain sebagainya. Jurusan ini mendukung pengembangan keterampilan analisis, penguasaan teori serta praktik lapangan, keterampilan komunikasi, serta pemahaman mendalam tentang politik dan pemerintahan yang bermanfaat pastinya saat bekerja dibidang terkait.

“Ada dimana ya kita bisa menemukan jurusan Ilmu Pemerintahan yang terbaik dari yang baik?”, nah Kawan GNFI saat ini tidak perlu bingung dan ragu lagi, karena terdapat Perguruan Tinggi Swasta yaitu STPMD “APMD” Yogyakarta atau singkatan dari Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa Yogyakarta yang memiliki progam studi jenjang Strata 1 Ilmu Pemerintahan dari prodi lainnya yang terdapat diKampus Desa ini. Mengapa harus memilih Prodi Ilmu Pemerintahan dikampus ini ya?, karena studi Ilmu Pemerintahan disini juga memiliki fokus terhadap pembagunan dan pemberdayaan desa. Tidak lupa Progam Studi Ilmu Pemerintahan STPMD “APMD” Yogyakarta memiliki Mazhab atau pandangan untuk mengkaji atau bingkai yang bernama “Mazhab Timoho” yang terdiri dari yaitu government, governing, governability, governance, dan governmentality atau disebut juga dengan lima konsep kunci “5G”. Tentunya dengan harapan mampu menjawab berbagai permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat Indonesia sehingga mampu memuliakan rakyat dan desa.

Sejak didirikan tahun 1987, Program Studi Ilmu Pemerintahan STPMD “APMD” Yogyakarta tidak hanya menjadi tujuan calon mahasiswa Pulau Jawa, disini sangat beragam sekali putra-putri daerah dari Sabang sampai Merauke yang ingin mempejari Studi Ilmu Pemerintahan, hingga disebut dengan Kampus Indonesia Mini. Jadi kalian tak perlu ragu untuk menempuh studi dikampus desa ini darimamapun asal kalian, karena disini rasa kekeluargaan yang erat dan mudah untuk berbaur tidak hanya dari kalangan mahasiswa tetapi juga dari pihak dosen dan karyawan.

Adapun Visi Misi Prodi Ilmu Pemerintahan STPMD “APMD’ Yogyakarta sebagai berikut :

VISI

menjadi institusi dan komunitas keilmuan yang kokoh dalam memperjuangkan terwujudnya, pemerintahan berkedaulatan rakyatserta sanggup menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

MISI

  • Memperkuat dan meneguhkan keilmuan Pemerintahan untuk pembentukan Pemerintahan (government making) dan pembentukan warga (citizen making).
  • Mencerahkan ilmu dan praktik pemerintahan Nasional, Daerah dan Desa.
  • Menghasilkan Sarjana Sujana yang berpihak kepada daulat rakyat dan martabat warga.

Mata kuliah yang ditawarkan diantaranya Dasar-Dasar Ilmu Pemerintahan, Teori Governance, Desa dan Pembaharuan, Etika Pemerintahan, Teknik Fasilitasi, Tata Kelola Desa, Metode Penelitian Sosial, Metodologi Ilmu Pemerintahan, serta Sistem Politik dan Pemerintahan RI.

Metode pembelajaran juga tidak monoton dikelas, tetapi disertai juga dengan kegiatan “Turun Desa”. Tentunya mahasiswa tidak akan jenuh dengan perkuliahan, sembari mengerjakan tugas Kawan pun dapat bermain sembari belajar dan mengenali desa-desa disekitar Yogyakarta maupun desa lainnya.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Mahasiwa dan Dosen diantaranya:

  1. Diskusi Publik & Kuliah Umum.
  2. Lomba Story Telling.
  3. International Conference.
  4. Kunjungan/ Turun Desa.
  5. Pengabdian kepada Masyarakat Desa.
Kegiatan Dosen dan Mahasiwa Prodi Ilmu Pemerintahan STPMD
info gambar

Pilihan Karir lulusan jenjang Stata 1 Progam Studi Ilmu Pemerintahan sangat beragam, tidak perlu khawatir karena jika disertai kemauan dan kemampuan Kawan GNFI bisa meraihnya. Peluang Karir yang dapat diambil diantaranya : Pemimpin Daerah, Pendamping Desa, Pegawai Pemerintah, Analisis Kebijakan, Pengajar atau Akademisi, Wirausahawan dan lain-lain.

Kembali lagi jika melihat judul “Pembangunan Desa : Progam Studi Ilmu Pemerintahan STPMD "APMD" Yogyakarta”, kabar baik untuk Indonesia progam studi ini memang memiliki keterikatan dengan desa. Tidak terlepas dari bagaimana dalam teori dan praktek yang membumi dimulai dari desa dengan tujuan agar nantinya pembagunan desa akan terwujud. Jika Desa maju maka Indonesia akan maju. Maka dari itu Progam studi ini sangat cocok untuk Kawan GNFI yang memiliki keinginan untuk membangun daerahnya sehingga Indonesia lebih maju di masa yang akan datang!.

Kawan-kawan GNFI dapat melihat info lebih lanjut dengan mengunjungi akun Instagram Prodi Ilmu Pemerintahan STPMD "APMD" Yogyakarta dan website dibawah ini!

https://www.instagram.com/ilmupemerintahan.apmd/ dan https://ip.apmd.ac.id/

#kabarbaiksatuindonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

VD
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini