Pulau Merak Kecil, Destinasi Wisata Murah Meriah di Banten!

Pulau Merak Kecil, Destinasi Wisata Murah Meriah di Banten!
info gambar utama

KotaBaja, itulah julukan Kota Cilegon yang merupakan salah satu kota di Provinsi Banten. Namun, siapa yang menyangka, di balik julukan tersebut Kota Cilegon ternyata menyimpan surga tersembunyi yang mampu memanjakan mata.

Ya, tak hanya memiliki pabrik baja yang bernama PT Krakatau Steel, Kota Cilegon juga memiliki destinasi wisata yang murah meriah dan cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga yaitu Pulau Merak Kecil.

Daya Tarik Pulau Merak Kecil

Sebagai destinasi wisata bahari, Pulau Merak Kecil menyuguhkan keindahan suasana pantai dengan hamparan pasir putih dan birunya air laut yang jernih. Di pinggir pantai juga terdapat banyak batu karang dengan berbagai bentuk. Ada pula perahu dan kapal feri yang senantiasa berlalu lalang melewati Pulau Merak Kecil sehingga menambah indahnya pemandangan di sana.

Bagi Kawan GNFI yang senang menikmati suasana matahari terbenam, Pulau Merak Kecil memiliki sunset point sehingga Kawan bisa menjadikan pulau ini sebagai tempat yang cocok untuk menyaksikan matahari terbenam secara langsung.

Tak hanya itu, Kawan GNFI juga bisa menikmati berbagai wahana air seperti banana boat, wisata naik perahu, dan snorkeling.

Kawan juga bisa camping di Pulau Merak Kecil loh! Caranya cukup mudah, Kawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 50.000,- per orang untuk melakukan registrasi dan membayar biaya penyeberangan ke lokasi camping.

Jika tidak memiliki peralatan camping, Kawan GNFI tidak perlu khawatir karena pengelola Pulau Merak Kecil sudah menyediakan penyewaan peralatan camping dengan beberapa pilihan paket yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Pengunjung bermain di pantai Pulau Merak Kecil | Dokumentasi Pribadi
info gambar

Fasilitas di Pulau Merak Kecil

Untuk mendukung dan memenuhi kebutuhan pengunjung selama berwisata di Pulau Merak Kecil, pengelola Pulau Merak Kecil menyediakan beberapa fasilitas yang bisa digunakan, seperti toilet, tempat mengganti pakaian, mushola, dan warung makan dengan menu yang beragam. Ada pula penyewaan tikar bagi pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati suasana pantai.

Cara Menuju Pulau Merak Kecil

Dilansir dari Banten TV (10/06/2022), ada beberapa alternatif rute yang dapat dipilih untuk menuju ke Pulau Merak Kecil. Dari Jakarta, Kawan bisa keluar dari Tol Merak, kemudian ambil jalan Cikuasa Bawah. Saat sampai di Polsek Pulomerak, masuk melalui pintu gerbang samping dengan tanda bertuliskan “Pantai Mabak”.

Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan menyebrangi laut menggunakan perahu nelayan setempat dengan membayar tarif sebesar Rp 15.000,- per orang untuk antar-jemput.

Bagi Kawan GNFI yang ingin menggunakan transportasi umum, Kawan bisa mengikuti panduan berikut:

  1. Kawan bisa menggunakan KRL Commuter Line, kemudian transit di Stasiun Tanah Abang.
  2. Selanjutnya, naik KRL lintasan Rangkasbitung dan turun di Stasiun Rangkasbitung.
  3. Lanjutkan perjalanan dengan menggunakan KA lokal menuju Stasiun Merak. Harga tiket untuk 1 kali perjalanan adalah Rp 3.000,- per orang.
  4. Setibanya di Stasiun Merak, Kawan bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkot merah yang bisa ditemui di luar Stasiun Merak. Tarif 1 kali perjalanan adalah Rp 5.000,- per orang.
  5. Selanjutnya, Kawan bisa menaiki perahu milik nelayan setempat untuk menyebrangi laut menuju Pulau Merak Kecil.
Baca juga: Dengan Moda Transportasi Umum, Kawan Dapat Berlibur Ke Pulau Merak Kecil. Ini Caranya!

Waktu Kunjungan ke Pulau Merak Kecil

Pulau Merak Kecil dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Hal ini perlu diperhatikan oleh Kawan GNFI yang ingin berwisata ke Pulau Merak Kecil karena di luar jam tersebut perahu nelayan yang digunakan untuk antar-jemput pengunjung tidak akan beroperasi.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, liburan ke Pulau Merak Kecil!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

ZC
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini