Mencicipi Kenikmatan Kopi Apek, Kedai Legendaris dari Kota Medan

Mencicipi Kenikmatan Kopi Apek, Kedai Legendaris dari Kota Medan
info gambar utama

Kedai Kopi Apek yang berlokasi di Jl. Hindu No.37, Kesawan, Kec. Medan Bar., Kota Medan, Sumatera Utara bukanlah tempat minum kopi biasa. Pasalnya bangunan tersebut telah berdiri sejak 1923.

Dimuat dari Kompas, Kopi Apek didirikan oleh Thia Tjo Lie atau yang lebih dikenal dengan sebutan Apek. Nama Apek berasal dari bahasa Tionghoa yang artinya kekek. Saat ini Kopi Apek masih dikelola oleh generasi ketiga dari keturunan Thia Tjo Lie.

Pengusaha Jepang Siap Pasarkan Biji Kopi Indonesia

Kedai Kopi Apek masih tetap eksis di tengah menjamurnya kopi kekinian yang berada di Kota Medan. Ornamen kedai masih bernuansa tradisional China dengan hadirnya tirai bambu di pintu gerbangnya.

Di dalam ruangan, tampak barisan kursi dan meja kayu bundar khas oriental kuno. Ada beberapa gelas dan piring yang masih menggunakan keramik bercorak tradisional. Ada juga koleksi botol minuman kuno yang disimpan oleh keluarga Kedai Kopi Apek.

Menu andalan

Dinukil dari Tribun Medan, kopi susu panas menjadi andalan dari Kedai Kopi Apek. Secangkir kopi tradisional ala kopitiam tua begitu kuat rasanya. Kopi susu panas ini lebih enak disajikan dengan irisan roti tawar ataupun telur setengah matang khas Kedai Kopi Apek.

Menu spesial di Kedai Kopi Apek di antaranya ada kopi susu panas, kopi susu dingin, milo dan teh lemon. Untuk perbandingannya , pengunjung bisa mencicipi roti tawar ataupun makanan berat seperti kwetiau, bakmi, cakwe, atau jajanan lainnya.

Bukan Robusta, Bukan Arabika: Inilah Kopi Liberika Sendoyan dari Kabupaten Sambas

Kopi panas dan roti bakar srikaya disajikan dengan tradisional, masih menggunakan tungku bakar tradisional. Yuni salah satu karyawan Kedai Kopi Apek mengatakan kedai ini dibuka setiap hari mulai Pukul 06.00-14.00 WIB.

“Jadi di sini, langganan kita itu biasanya idolakan kopi susu dingin, itu spesial di sini kalau mau cicipi silahkan datang pagi,” kata Yuni.

Jadi primadona

Kedai Kopi Apek telah menjadi favorit masyarakat pecinta kopi di Medan. Apalagi lokasinya yang berada di tengah kota, tepatnya di Jalan Hindu Nomor 110, Kesawan, tak jarang Kedai Kopi Apek dikunjungi wisatawan.

6 Biji Kopi Terbaik di Dunia, Sebagian Besar Ada di Indonesia Loh!

Selain itu, di sini pula banyak ditemui para pekerja kantoran yang bekerja di sekitar Kesawan. Sementara itu orang-orang yang ingin bernostalgia tidak perlu khawatir dengan harganya karena biasa dijual mulai Rp22.000 - Rp30.000 ribu.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini