Jogja Wellness Tourism Festival Siap Digelar Sepanjang November 2023

Jogja Wellness Tourism Festival Siap Digelar Sepanjang November 2023
info gambar utama

Pemerintah tengah mendorong Kota Yogyakarta menjadi destinasi wellness tourism Indonesia melalui Jogja Cultural Wellness Festival 2023 yang digelar sepanjang November tahun ini. Masyarakat dapat berpartisipasi baik sebagai pengunjung maupun pegiat wisata.

Dikutip dari laman kemenparekraf.go.id, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, dengan konsep #SehatDanBugarDiIndonesiaAja, pihaknya berharap agar kegiatan tersebut menjadi event reguler yang berkelanjutan.

Kemenparekraf sendiri menetapkan tiga destinasi prioritas untuk wellness, yaitu Bali, Solo, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dalam hal ini, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) DIY Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara bersemangat untuk mengangkat kebudayaan Mataram di Yogyakarta.

“Akhirnya kami bergerak menetapkan bahwa wellness-nya Jogja berbasis dari budaya Mataram. Karena memang dari sejarahnya ada perjanjian jatisari dan perjanjian giyanti yang memisahkan dua kerajaan. Dan Keraton Yogyakarta mendapatkan budaya lamanya. Mulai dari warna kain, tarian, memanah, dan lainnya,” kata GKR Bendara.

Ajak pegiat wellnes tourism

Lokasi penyelenggaraan Jogja Cultural Wellness Festival 2023 akan tersebar di seluruh wilayah Yogyakarta. Para pegiat wellness tourism diharapkan dapat berpartisipasi dengan menawarkan dan menjual berbagai program atau produk wellness melalui platform https://jogjatourismboard-online.globaltix.com/.

Jogja Cultural Wellness Festival 2023 akan berlangsung sepanjang akhir pekan bulan November 2023 dengan acara puncaknya pada pada 24–26 November 2023. Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Agustin Peranginangin mengungkapkan festival ini tidak hanya diisi dengan produk wellness, tetapi juga seminar, workshop, hingga bazar.

“Jadi nanti yang datang ke acara selain juga bisa mengikuti meditasi dan ada bazar. Pariwisata ini harus sampai ke rumah-rumah masyarakat, maka kita mendorong keterlibatan desa-desa wisata yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi venue dan menawarkan produk-produk wellness di November,” ujarnya.

Bali, Yogyakarta, dan Solo, Tengah Dikembangkan Menjadi Destinasi Wellness Tourism

Kunci pemulihan pariwisata

Wellness tourism menjadi salah satu konsep wisata yang kian digemari seiring dengan meningkatnya tren gaya hidup sehat. Wisata yang bertujuan untuk meningkatkan personal well being (‘kesejahteraan pribadi’) ini digadang-gadang menjadi kunci dalam pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif secara nasional bahkan global.

Dalam sambutannya pada International Wellness Tourism Conference and Festival (IWTCF) 2022 di Solo, Sandiaga meyakini industri wellnesstourism tahan terhadap krisis terutama setelah pandemi. Meningkatnya kepedulian pada kesehatan membuktikan wellness tourism menjadi salah satu industri yang tangguh, inklusif, dan responsif terhadap krisis.

Indonesia sendiri memiliki potensi pasar yang besar untuk wisata kebugaran global. Berdasarkan Global Wellness Institute (2017), Indonesia menempati peringkat ke-17 sebagai pasar tujuan wisata kebugaran, merupakan pasar terbesar kedua di wilayah Asia Tenggara yang menyerap 1,31 juta tenaga kerja.

UMKM Jamu Topang Upaya Indonesia Kembangkan Wellness Tourism

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini