Pengertian dan Contoh Tagline Keren dari Perusahaan dan Brand Indonesia

Pengertian dan Contoh Tagline Keren dari Perusahaan dan Brand Indonesia
info gambar utama

Selain logo dan nama, sebuah perusahaan juga harus memiliki tagline. Adanya tagline bisa memperkuat identitas perusahaan sekaligus menambah daya tarik di mata banyak orang.

Walaupun terlihat simpel, proses pembuatan tagline tidaklah semudah yang dikira. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum akhirnya perusahaan bisa menentukan apa tagline yang keren dan cocok untuk mereka.

Lalu, apa sebetulnya tagline itu?

Apa Itu Tagline?

Tagline
info gambar

Secara sederhana, tagline adalah sebuah kalimat yang dipakai untuk branding sebuah perusahaan. Kalimat tersebut harus menarik dan bisa menonjolkan produk atau perusahaan itu di mata orang banyak. Dalam satu kalimat tagline, biasanya berisi sebanyak 4-5 kata.

Banyak yang mengira bahwa tagline sama dengan slogan, padahal keduanya memiliki perbedaan dari segi fungsi. Tagline digunakan untuk branding suatu perusahaan. Sedangkan slogan hanya dipakai untuk kampanye suatu produk.

Walau hanya satu kalimat, pembuatan tagline tidaklah semudah yang dikira. Perlu beberapa yang perlu diperhatikan perusahaan sebelum akhirnya menemukan tagline yang tepat. Adapun hal-hal itu adalah:

  • Mengenali Unique Selling Point (USP) dari suatu perusahaan. USP sendiri adalah nilai jual suatu perusahaan yang membuatnya menonjol bahkan berbeda dari perusahaan kompetitor.
  • Target pasar perusahaan.
  • Manfaat yang akan diberikan perusahaan kepada perusahaan, baik itu produk maupun jasa.
  • Logo, terutama jika perusahaan ingin membuat tagline yang dilengkapi dengan aspek visual.
  • Kata-kata yang digunakan, di mana semua kata yang ada pada tagline harus sederhana dan mampu menarik perhatian orang-orang. Plus, juga bisa merepresentasikan image perusahaan tersebut.

Idealnya, tagline harus menggunakan bahasa Indonesia, mengingat bahasa Indonesia merupakan bahasa kita sehari-hari. Namun, ada juga beberapa perusahaan Indonesia yang menggunakan tagline berbahasa Inggris.

Mereka melakukan hal itu karena ingin menjangkau pangsa pasar anak muda yang notabene sudah fasih berbahasa Inggris. Bisa juga karena mereka ingin bisa menjangkau pasar yang lebih luas, yakni pasar internasional.

Mengapa Tagline Itu Penting Untuk Suatu Perusahaan/Brand?

Tagline
info gambar

Tagline merupakan hal penting bagi perusahaan karena bisa menjadi identitas perusahaan, serta menjadi daya tarik perusahaan itu sendiri. Tak cuma itu saja. Tagline pun juga memiliki beberapa peranan penting lainnya untuk suatu perusahaan, yakni:

  • Sebagai representasi dari visi dan misi perusahaan.
  • Sebagai pembeda antara perusahaan dan kompetitor.
  • Menjadi salah satu faktor yang membantu positioning perusahaan di mata target audiens.

Beberapa Contoh Tagline Keren dari Perusahaan dan Brand Indonesia

Tagline
info gambar

Sudah banyak perusahaan Indonesia yang berhasil membuat tagline yang keren dan mudah diingat. Sehingga perusahaan mereka pun bisa sukses dan punya posisi penting di mata pelanggan.

Tak hanya sekadar menggunakan kata-kata yang tepat guna, tagline yang mereka pakai juga bisa menunjukkan visi-misi perusahaan, bahkan bisa menarik emosi audiens. Berikut ini adalah beberapa contoh tagline keren dari perusahaan/brand di Indonesia:

  1. Yamaha : Semakin di Depan
  2. SGM : Susu Generasi Maju
  3. Alfamart : Belanja Puas Harga Pas
  4. KFC : Jagonya Ayam!
  5. Tokopedia : Mulai Aja Dulu
  6. Traveloka : Traveloka Dulu
  7. IIndofood : Lambang Makanan Bermutu
  8. Kompas : Independen, Terpercaya
  9. Shopee : Shopping Di Rumah Aja
  10. Garuda Indonesia : The Airlines of Indonesia
  11. Sriwijaya Air : Your Flying Partner
  12. Indonesia Air : Pesona Penerbangan Indonesia
  13. Maicih : From Ichiers with Love
  14. TIKI : Hanya Satu Titipan Kilat
  15. Bank Mandiri : Terdepan, Terpercaya, Tumbuh Bersama Anda
  16. BCA : Senantiasa di Sisi Anda
  17. BTN : Sahabat Keluarga Indonesia
  18. BNI 46 : Melayani Negeri, Kebanggan Bangsa
  19. Pegadaian : Mengatasi Masalah Tanpa Masalah
  20. Markeeters : New Wave Marketing
  21. Chevron Indonesia : Energi Insani
  22. OLX : Cara Tepat Jual Cepat
  23. Perusahaan Gas Negara (PGN) : Energy for Life
  24. CFC : Bukan Cuman Ayam
  25. SCTV : Satu Untuk Semua
  26. Telkom Indonesia : The World in Your Hand
  27. BRI : Melayani Dengan Setulus Hati
  28. Pos Indonesia : Untuk Anda Kami Ada
  29. Elevania.co.id : Klik, Cari, Hepi
  30. Honda : Satu Hati

Referensi:

https://www.kitalulus.com/bisnis/tagline-adalahhttps://www.kitalulus.com/bisnis/tagline-adalah

https://store.sirclo.com/blog/pentingnya-tagline-dan-cara-membuatnya/

https://pranala.media/opini/2021/01/01/8-slogan-tagline-merek-terbaik-di-indonesia/

https://callharis.com/daftar-slogan-perusahaan-di-indonesia/

https://serbabisnis.com/contoh-tagline-menarik-perusahaan/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Anggie Warsito lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Anggie Warsito.

AW
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini